Alfabet Rusia


Bahasa Rusia tidak menggunakan alfabet latin seperti yang digunakan pada bahasa kita. Dalam bahasa Rusia, alfabet Rusia disebut "русский алфавит" (dibaca: /russkiy alfavit/) yang berarti 'alfabet Rusia' atau "азбука" (dibaca: /azbuka/) yang diambil dari sebutan awal (semacam sebutan "abecede" untuk alfabet latin) dari aksara Glagolitsa. Alfabet Rusia menggunakan aksara Kiril yang merupakan bentuk modifikasi aksara Glagolitsa yang pernah dilakukan oleh para murid Santo Kiril dan Metodi (penyusun aksara Glagolitsa) dengan meminjam beberapa huruf dari aksara Yunani. Penamaan "aksara Kiril" sendiri dilakukan demi menghormati guru besar mereka, Santo Kiril.

Alfabet Rusia terdiri atas 33 huruf, dengan 10 vokal, 21 konsonan (dengan salah satunya disebut semi-konsonan), 1 tanda pelunak dan 1 tanda pengeras. Berikut daftar huruf beserta cara membacanya:

    A a = /a/
    Б б = /b/
    В в = /v/ atau /w/ (bunyi di antara v dan w)
    Г г = /g/
    Д д = /d/
    Е е = /ye/
    Ё ё = /yo/
    Ж ж = /zh/
    З з = /z/
    И и = /i/ ("i" lunak)
    Й й = /ĭ/ ("i" diftong)
    К к = /k/
    Л л = /l/
    М м = /m/
    Н н = /n/
    О о = /o/
    П п = /p/
    Р р = /r/
    С с = /s/
    Т т = /t/
    У у =  /u/
    Ф ф = /f/
    Х х = /kh/
    Ц ц = /ts/
    Ч ч = /ch/
    Ш ш = /sh/
    Щ щ = /sy/
    Ъ ъ = tanda pengeras
    Ы ы = /ɨ/ ("i" keras, posisi lidah agak ditarik ke belakang)
    Ь ь = tanda pelunak
    Э э = /e/
    Ю ю = /yu/
    Я я = /ya/

Baca juga: Aturan Pelafalan Bahasa Rusia

Untuk memudahkan kita menghapal alfabet Rusia, bisa dengan berlatih menulis bahasa Indonesia dahulu dengan alfabet Rusia atau dengan metode audio-visual yakni dengan bantuan video semacam ini:

Sedangkan untuk berlatih pelafalan bahasa Rusia, perbanyak saja berlatih melafalkan kosa kata bahasa Rusia, misalnya dengan membaca cerita, puisi, atau sekadar mengikuti pelafalan baca di video semacam ini:



Sumber video

0 Komentar:

Posting Komentar