Full width home advertisement

Rusia

Film

Post Page Advertisement [Top]


Bahasa Rusia tidak menggunakan alfabet latin seperti yang digunakan pada bahasa kita. Dalam bahasa Rusia, alfabet Rusia disebut "русский алфавит" (dibaca: /russkiy alfavit/) yang berarti 'alfabet Rusia' atau "азбука" (dibaca: /azbuka/) yang diambil dari sebutan awal (semacam sebutan "abecede" untuk alfabet latin) dari aksara Glagolitsa. Alfabet Rusia menggunakan aksara Kiril yang merupakan bentuk modifikasi aksara Glagolitsa yang pernah dilakukan oleh para murid Santo Kiril dan Metodi (penyusun aksara Glagolitsa) dengan meminjam beberapa huruf dari aksara Yunani. Penamaan "aksara Kiril" sendiri dilakukan demi menghormati guru besar mereka, Santo Kiril.

Alfabet Rusia terdiri atas 33 huruf, dengan 10 vokal, 21 konsonan (dengan salah satunya disebut semi-konsonan), 1 tanda pelunak dan 1 tanda pengeras. Berikut daftar huruf beserta cara membacanya:

    A a = /a/
    Б б = /b/
    В в = /v/ atau /w/ (bunyi di antara v dan w)
    Г г = /g/
    Д д = /d/
    Е е = /ye/
    Ё ё = /yo/
    Ж ж = /zh/
    З з = /z/
    И и = /i/ ("i" lunak)
    Й й = /ĭ/ ("i" diftong)
    К к = /k/
    Л л = /l/
    М м = /m/
    Н н = /n/
    О о = /o/
    П п = /p/
    Р р = /r/
    С с = /s/
    Т т = /t/
    У у =  /u/
    Ф ф = /f/
    Х х = /kh/
    Ц ц = /ts/
    Ч ч = /ch/
    Ш ш = /sh/
    Щ щ = /sy/
    Ъ ъ = tanda pengeras
    Ы ы = /ɨ/ ("i" keras, posisi lidah agak ditarik ke belakang)
    Ь ь = tanda pelunak
    Э э = /e/
    Ю ю = /yu/
    Я я = /ya/

Baca juga: Aturan Pelafalan Bahasa Rusia

Untuk memudahkan kita menghapal alfabet Rusia, bisa dengan berlatih menulis bahasa Indonesia dahulu dengan alfabet Rusia atau dengan metode audio-visual yakni dengan bantuan video semacam ini:

Sedangkan untuk berlatih pelafalan bahasa Rusia, perbanyak saja berlatih melafalkan kosa kata bahasa Rusia, misalnya dengan membaca cerita, puisi, atau sekadar mengikuti pelafalan baca di video semacam ini:



Sumber video

32 komentar:

  1. Balasan
    1. привет счастливого изучения русского языка

      Hapus
  2. ternyata gampng oalah:v

    BalasHapus
  3. Gk salah sih ini disebut salah satu bahasa tersulit :v

    BalasHapus
  4. kalo untuk tulisanya gampang tapi bahasanya mantep AOWKAWOK

    BalasHapus
  5. Saya pen belajar karna saya pengen belajar terimakasih.

    BalasHapus
  6. Terimakasih ilmunya kakak🙂

    BalasHapus
  7. Gw mulai tertarik nih,lg belajar ngapalin alphabetnya dulu.

    BalasHapus
  8. Menarik untuk dipelajari

    BalasHapus
  9. Hm, seenggaknya ini gak sesusah bahasa Mandarin

    BalasHapus
  10. Emang mandarin susah bgt y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mandarin mah susahnya di penulisannya kalo rusia penyebutannya yang waaaawwwww bingung

      Hapus
  11. aku lagi belajar sih, semoga aja bisa

    BalasHapus
  12. pengen belajar bhs rusia gegara masha and the bear😆

    BalasHapus
  13. Penven ngerti bahasa rusia pas belajar walau dijelasin gak ngerti juga dah

    BalasHapus
  14. Pengen belajar bahasa rusia karna keknya asik gitu, ditambah akunya juga kepo si soal tulisannya yg unik, hehe

    BalasHapus
  15. Bahasanya mudah lah mudah mudahan bisa 😂🤣

    BalasHapus
  16. Bismillah semoga bisa soalnya aku impiannya kuliah di rusia

    BalasHapus
  17. привет счастливого изучения русского языка

    BalasHapus
  18. Sulit banget anjim, tapi gw pengen bisa bahasa Rusia

    BalasHapus
  19. Ampun dah sampe kebalik-balik ngapalinnya wkwk

    BalasHapus

Bottom Ad [Post Page]