Mengetik Alfabet Rusia di Komputer



Bingung mengetik aksara Kiril Rusia di komputer? Mungkin beberapa cara berikut ini bisa membantu kawan-kawan yang masih kesulitan menulis aksara Kiril Rusia di komputer ;)

Windows
Jika kawan-kawan adalah pengguna Sistem Operasi Windows, cara paling umum bisa dengan mengubah pengaturannya dengan cara:
Buka "Control Panel", buka "Keyboards". Pilih tab "Change Keyboards"  alu klik "Keyboards and Languages". Selanjutnya di bawah "General", klik tombol "Add". Di jendela yang muncul, pilih "Russian" dan kawan-kawan bisa memilih "hot key" atau tombol kunci untuk mengalihkan antara masukan antara bahasa Inggris dan Rusia, misalnya "Ctrl+Shift", yakni metode masukan keyboard Rusia akan aktif jika kawan menekan tombol "Ctrl" (Control) sambil diikuti tombol "Shift".
Jika pengaturan sudah selesai, di pojok kanan bawah layar akan tampak icon mungil "EN". Jika kita mengklik icon tersebut, maka akan ada pilihan untuk mengaktifkan metode masukan untuk keyboard Rusia. Cara yang lebih mudah lagi yakni dengan mengaktifkannya dengan menekan "ctrl+shift" sebagaimana yang telah kita atur tadi dan tinggal menggantinya dengan metode masukan keyboard Rusia.

Linux
Untuk pengguna Linux--saya juga pengguna setia Linux lho--cara termudahnya bisa menggunakan metode masukan transliterasi. Caranya adalah dengan memasang  dahulu aplikasi "Pluma" atau "Leafpad" (bisa melalui Software Center, Synaptic Package Manager atau Terminal). Setelah itu, buka aplikasi tersebut. Klik kanan, arahkan ke "Input Methods", lalu pilih "Cyrillic transliterated". Karena metode masukannya adalah transliterasi, maka saat kawan menekan tombol huruf "L" maka akan langsung keluar "Л", jika menekan tombol huruf "G" maka akan langsung keluar "Г", dst.

Internet
Cara yang satu ini bisa dipraktikkan oleh pengguna Sistem Operasi apa saja karena praktiknya langsung di peramban (browser). Sistem masukan yang digunakan adalah transliterasi juga, jadi akan sangat  mudah untuk menggunakannya sekalipun kita tidak hapal letak posisi huruf di sistem keyboard Rusia yang asli. Caranya adalah mengakses situs translit.net atau russian.typeit.org
Di antara kedua situs tersebut, saya sendiri lebih suka translit.net dan lebih sering menggunakannya, karena memungkinkan penggunanya menggunakan metode kombinasi huruf. Misalnya untuk memunculkan huruf "Ж", maka tombol yang diketik adalah "z" dan "h", sedangkan untuk memunculkan huruf "Ш" maka yang harus diketik adalah "s" dan "h". Adapun pada situs  russian.typeit.org mengakali beberapa huruf Rusia di tombol tertentu, misalnya "Ж" di tombol tanda petik, Ю di tanda kurung siku, dsb. Dan jika memerlukan tanda-tanda tersebut, agar tidak bentrok dengan huruf Rusia yang muncul, maka digunakan kunci dengan menekan "ctrl" sebelum mengetik tombol tanda tersebut. Misalnya ingin memunculkan tanda kurung siku, maka digunakan kombinasi ctrl+kurung siku, atau jika ingin memunculkan tanda kurung kurawal (di atas kurung siku), maka tinggal menekan kombinasi ctrl+shift+kurung kurawal.

Apakah kawan-kawan punya cara lain yang lebih mudah ketika mengetik alfabet Rusia di komputer? Silakan tulis di komentar ;)

0 Komentar:

Posting Komentar