Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Apa saja tingkat kemahiran bahasa Rusia? Sistem apa yang digunakan untuk menentukan tingkat kemahiran bahasa Rusia? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menguasai bahasa Rusia untuk setiap tingkatnya?



Rusia menggunakan sistem sertifikasi level bahasa Rusia yang setara dengan skala tingkat kemahiran bahasa asing yang digunakan Majelis Eropa. Perbedaan hanya pada istilah. Jika pada Majelis Eropa digunakan skala A1 (Breakthrough), A2 (Waystage), B1 (Threshold), B2 (Vantage), C1 (Effective operational proficiency) dan C1 (Mastery), maka dalam sistem sertifikasi level bahasa Rusia digunakan istilah seperti Элементарный уровень (Tingkat Pemula), Предпороговый (базовый) уровень (Tingkat Dasar), Пороговый уровень (Tingkat Menengah Awal/Sertifikat I), Постпороговый уровень (Tingkat Menengah Lanjutan/
Sertifikat II), Уровень компетентного владения (Tingkat Mahir/Sertifikat III), Уровень носителя языка (Tingkat Master atau Setara Penutur Asli/Sertifikat IV). Untuk mengetahui tingkat kemahiran bahasa Rusia, bisa mengikuti Tes Sertifikasi Bahasa Rusia bagi Penutur Asing (Тест по-русскому языку как иностранному) di lembaga-lembaga pendidikan bahasa Rusia di Rusia, seperti di Institut Bahasa Rusia A.S. Pushkin, Universitas Negeri Moskwa, dan Universitas Negeri Sankt-Peterburg.


A1 / Элементарный уровень (Tingkat Pemula)

Untuk menyelesaikan tingkat ini, peserta ajar harus dapat berkomunikasi pada situasi-situasi dasar yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan kosakata yang harus dikuasai kira-kira 900-1000 kata, termasuk 240 kata serapan dari bahasa asing dan 30 kata yang berkaitan dengan etiket berbicara. Peserta ajar yang belajar dari nol memerlukan waktu belajar kurang lebih 100-120 jam untuk bisa mencapai level A1.

Apa saja yang harus dikuasai di level A1?

- Berkenalan;
- Nama-nama pekerjaan;
- Menceritakan tentang diri sendiri dan orang lain;
- Menceritakan tentang hobi;
- Mengucapkan selamat pada hari raya dan hari-hari penting;
- Berterima kasih, menjawab ungkapan terima kasih, menggungkapkan keinginan;
- Memberi dan menerima hadiah, membicarakan tentang liburan, bertamu, menerima dan menolak undangan, menjelaskan alasan penolakan;
- Membuat janji, menyepakati waktu dan tempat pertemuan;
- Mencari dan menyebutkan alamat juga nomor telepon;
- Mencari informasi tentang suatu tempat dan bagaimana cara mencapainya;
- Menggunakan alat transportasi publik, membayar ongkos kendaraan, memahami jadwal transportasi publik dan rambu lalu lintas;
- Menceritakan kembali perjalanan yang sudah dilewati serta merespon cerita orang lain dengan kesan tertentu;
- Makan malam di restoran atau kafe, membaca menu makanan dan minuman, mencari tahu atau menceritakan tentang suatu hidangan, membayar makanan.

 

A2 / Предпороговый (базовый) Уровень (Tingkat Dasar)

Untuk menyelesaikan tingkat ini, peserta ajar harus dapat melakukan komunikasi dasar dalam sejumlah situasi terbatas yang berkaitan dengan lingkungan sosial dan budaya. Sederhananya, mereka yang melewati tingkat ini harus sudah dapat berbelanja sendiri di toko, menggunakan transportasi umum, membicarakan cuaca dengan orang lain, bertukar cerita dengan teman sekelas atau guru, dll.

Apa saja yang harus dikuasai di level A2?
- Mampu membaca teks pendek sederhana yang ada pada majalah dan surat kabar, papan nama, tugu peringatan, rambu, pengumuman, dll.;
- Memahami informasi dasar dari teks yang telah diadaptasi yang berkaitan dengan tema geografi, informasi-publikasi dan kehidupan sosial sehari-hari;
- Mampu menulis surat pendek, catatan, ucapan selamat, dll.;
- Memahami informasi dasar tentang topik, indikasi tempat, waktu, alasan, dll. yang disajikan dalam dialog individu dan monolog yang berkaitan dengan sosial dan budaya;
- Dapat memulai dialog dalam situasi sederhana;
- Dapat bercakap-cakap dan menceritakan tentang diri sendiri, teman, keluarga, tentang pendidikan dan pekerjaan, tentang prosesnya dalam belajar bahasa asing, menceritakan tentang aktivitasnya pada hari kerja dan waktu luang, tentang kota asal, kesehatan, cuaca, dan juga membuat pernyataan berdasarkan teks yang sedang dibaca;
- Menggunakan keterampilan gramatikal dan leksikal untuk membentuk pernyataan tentang keinginan atau kebutuhannya dalam situasi tertentu.

Untuk menguasai level ini, jumlah minimal kosakata yang harus dikuasai mencapai 1300 kata. P
eserta ajar dari level A1 memerlukan waktu belajar kurang lebih 180-200 jam untuk bisa mencapai level A2.

 
Kemahiran di level A2 memang akan sangat membantu untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari, tapi masih dianggap tidak cukup untuk digunakan dalam proses belajar-mengajar di lembaga pendidikan atau di kampus Rusia. Jika kamu adalah calon mahasiswa yang akan belajar di Rusia dan masih berada di level A1 dan A2, maka disarankan untuk mengikuti program fakultas persiapan terlebih dahulu. Di kelas persiapan kita bisa memantapkan kemampuan bahasa Rusia kita selama setahun, sehingga akan membantu kita dari kesulitan belajar nantinya saat menggunakan bahasa Rusia di kelas. 

 

В1 / Пороговой уровень (Tingkat Menengah awal)
Untuk lulus dari tingkat ini, peserta ajar harus dapat menunjukkan kemampuannya dalam berkomunikasi tak hanya dalam bidang sosial dan budaya, namun juga dalam bidang pendidikan dan profesi. Dengan kata lain, peserta ajar sudah mandiri dalam lingkungannya yang berbahasa Rusia dan sudah mampu menghadapi dan memecahkan sebagian besar masalah kebahasaan sehari-hari yang muncul. Setelah menguasai level ini, peserta ajar bisa mengikuti tes sertifikasi kemampuan bahasa Rusia dan jika lulus akan mendapatkan Sertifikat I.

Apa saja yang harus dikuasai di level B1?

- Dapat membaca teks pendek dari koran, majalah, buku;
- Memahami isi umum bacaan, detail tertentu, membuat kesimpulan dan memberikan penilaian terhadap penulis;
- Mampu menulis teks berisi 20 kalimat berdasarkan topik tertentu, seperti: tentang diri sendiri, keluarga, belajar, belajar bahasa asing, hari kerja, waktu luang, kota asal, kesehatan, cuaca;
- Menyampaikan isi teks yang telah dibaca atau disimak tentang topik tertentu;
- Memahami dialog singkat dan memaparkan informasi faktual tentang waktu, karakteristik objek, tujuan, alasan, dll;
- Memahami dialog secara rinci dan mengungkapkan sikap terhadap pernyataan dan tindakan pembicara;
- Memahami pengumuman, berita, informasi yang bersifat sosial-budaya;
- Dapat berpartisipasi dalam dialog untuk berbagai situasi komunikasi sehari-hari dengan tema yang beragam, termasuk memulai, mempertahankan, dan mengakhiri dialog;
- Melakukan percakapan dengan berbagai topik (tentang diri sendiri, pekerjaan, profesi, minat, negara, kota, masalah budaya, dll.);
- Menggunakan keterampilan gramatikal dan leksikal untuk membuat pernyataan berdasarkan situasi yang ditemui di kehidupan sehari-hari.

Untuk menguasai level ini, jumlah minimal kosakata yang harus dikuasai mencapai 2300 kata. Peserta ajar dari level A2 memerlukan waktu belajar kurang lebih 440-460 jam untuk bisa sampai level B1.

Pengetahuan bahasa Rusia sebagai bahasa asing pada tingkat pertama sudah cukup untuk mulai belajar di institusi pendidikan Rusia, termasuk pendidikan profesional yang lebih tinggi, yaitu. universitas, institut dan akademi. Level ini biasanya dicapai oleh lulusan fakultas persiapan (jurusan atau kursus) untuk warga negara asing setelah satu tahun mengikuti pelatihan bahasa khusus.

 

B2 /  Постпороговый уровень (Tingkat Menengah Lanjutan)
Untuk lulus dari tingkat ini, peserta ajar harus dapat menunjukkan kemampuannya dalam berkomunikasi pada level yang cukup tinggi dan memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi di semua bidang. Peserta ajar juga dituntut untuk dapat melakukan aktivitas dalam pekerjaannya menggunakan bahasa Rusia sebagai spesialis tertentu, seperti sebagai ahli teknik, ahli ilmu alam, ahli ilmu budaya (kecuali ahli filologi yang membutuhkan tingkat yang lebih tinggi), dll. Setelah menguasai level ini, peserta ajar bisa mengikuti tes sertifikasi kemampuan bahasa Rusia dan jika lulus akan mendapatkan Sertifikat II.

Apa saja yang harus dikuasai di level B2?
- Mampu membaca berbagai teks jurnalistik dan sastra yang bersifat deskriptif dan naratif dengan unsur penalaran, serta jenis teks campuran.
- Mampu menulis rencana, abstrak, catatan berdasarkan apa yang didengar dan dibaca;
- Mampu menulis sendiri teks informatif dalam bentuk surat bisnis pribadi atau surat resmi, berupa pernyataan, permintaan, catatan penjelasan, dll.
- Memahami dialog tentang topik sehari-hari dari pembicara yang diekspresikan dalam bentuk berita radio, iklan, dialog dari film dan program televisi;
- Mampu mempertahankan dialog serta menerapkan taktik komunikasi verbal;
- Dapat menyampaikan tentang apa yang dilihat, serta mengungkapkan pendapat pribadi, mengevaluasi apa yang dilihat;
- Menganalisis masalah dalam situasi percakapan bebas;
- Mampu menggunakan keterampilan leksikal dan gramatikal secara memadai, serta memastikan bentuk pernyataan yang benar.

Untuk menguasai level ini, jumlah minimal kosakata yang harus dikuasai mencapai  10.000 kata. Peserta ajar dari level B1 memerlukan waktu belajar kurang lebih 380-720 jam untuk bisa sampai level B2. 

Pengetahuan bahasa Rusia bagi penutur asing untuk sertifikat II ini biasanya diperlukan untuk bisa menyelesaikan studi sarjana atau master lulusan universitas Rusia (dengan pengecualian gelar sarjana atau master dalam bidang filologi yang memerlukan tingkat kemampuan bahasa lebih tinggi).


C1 / Уровень компетентного владения (Tingkat Mahir)

Untuk lulus dari tingkat ini, peserta ajar harus dapat menunjukkan kemahirannya komunikasinya pada level yang tinggi, hingga memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan komunikatif di semua bidang komunikasi, termasuk dalam bidang filologi bahasa Rusia secara profesional. Setelah menguasai level ini, peserta ajar bisa mengikuti tes sertifikasi kemampuan bahasa Rusia dan jika lulus akan mendapatkan Sertifikat III.

Apa saja yang harus dikuasai di level C1?
- Memahami dan menafsirkan teks yang terkait komunikasi dalam bidang sosial-budaya dan bisnis-resmi;
- Mampu memahami karya fiksi Rusia secara memadai, memahami teks sosio-budaya yang mengandung informasi yang memerlukan pengetahuan cukup tinggi.
- Mampu menulis sinopsis, abstrak, surat formal/informal, dan menulis kembali informasi berdasarkan apa yang telah didengar dan dibaca;
- Menunjukkan kemampuan menganalisis dan mengevaluasi informasi yang diajukan;
- Dapat menulis teks sendiri yang membahas masalah tertentu dalam bentuk artikel, esai, surat.
- Memahami teks audio secara keseluruhan, memahami detailnya, serta mampu mengevaluasi apa yang didengar dari siaran radio, televisi, klip film, rekaman pidato publik, dll. serta mengevaluasi sikap pembicara berdasarkan apa yang dikatakannya;
- Mampu mempertahankan dialog dengan menggunakan berbagai unsur kebahasaan untuk mencapai berbagai tujuan dan taktik komunikasi wicara;
- Dapat memulai dialog atau percakapan yang menjadi penyelesaian situasi konflik dalam proses komunikasi; membangun penalaran monolog pada topik moral dan etika; dalam situasi percakapan bebas, pertahankan dan bantah pendapat mereka sendiri;
- Mampu mengungkapkan pengetahuan tentang sistem bahasa yang diwujudkan dalam keterampilan menggunakan unsur-unsur linguistik dan hubungan struktural yang diperlukan untuk memahami dan merancang pernyataan individu, serta pernyataan yang merupakan bagian dari teks asli atau fragmennya.


Untuk menguasai level ini, jumlah minimal kosakata yang harus dikuasai mencapai  12.000 kata, termasuk 7000 kata aktif dari kamus.
Peserta ajar dari level B2 memerlukan waktu belajar kurang lebih 280 jam untuk bisa sampai level C1.

Pengetahuan bahasa Rusia bagi penutur asing untuk sertifikat III ini biasanya diperlukan untuk bisa menyelesaikan studi sarjana atau master lulusan universitas Rusia dalam bidang filologi.

 

C2 / Уровень носителя языка (Tingkat Master atau Seperti Penutur Asli)

Peserta ajar yang menguasai tingkat ini berarti telah dapat menunjukkan kefasihan berbahasa Rusia mendekati level penutur asli. Setelah menguasai level ini, peserta ajar bisa mengikuti tes sertifikasi kemampuan bahasa Rusia dan jika lulus akan mendapatkan Sertifikat IV.

Apa saja yang harus dikuasai di level C2?
- Memahami dan dapat menafsirkan teks asli yang mengandung makna filosofis atau abstrak, teks berorientasi profesional, jurnalistik dan sastra yang memiliki makna subteks dan konseptual;
- Mampu menulis teks sekaligus merefleksikan ide-ide pribadi tentang subjek tuturan dan teks yang dapat mempengaruhi pembaca;
- Memahami sepenuhnya tentang konten program radio dan televisi, kutipan dari film, drama televisi, sandiwara radio, rekaman pidato publik, dll.,
- Memahami karakteristik sosio-budaya dan emosional penutur dan dapat menafsirkan pernyataan-pernyataan terkenal dan makna yang tersembunyi di dalamnya.
- Mampu mencapai setiap tujuan komunikasi dalam bentuk monolog maupun dialog;
- Mampu menerapkan taktik perilaku verbal yang merupakan karakteristik komunikasi dengan upaya memengaruhi pendengarnya;
- Mampu mendemonstrasikan pengetahuannya tentang sistem bahasa, mendemonstrasikan pemahaman dan keterampilan dalam penggunaan unit linguistik dan hubungan struktural yang diperlukan untuk memahami dan merancang pernyataan individu, serta pernyataan yang merupakan bagian dari teks asli atau fragmennya dengan mempertimbangkan penggunaannya berdasarkan gaya bahasanya.

Untuk menguasai level ini, jumlah minimal kosakata yang harus dikuasai mencapai  20.000 kata, termasuk 8000 kata aktif dari kamus. Peserta ajar dari level C1 memerlukan waktu belajar kurang lebih 180 jam untuk bisa sampai level C2.

Pengetahuan bahasa Rusia bagi penutur asing untuk sertifikat IV ini biasanya diperlukan untuk bisa menyelesaikan studi master lulusan universitas Rusia dalam bidang filologi sekaligus dapat memberikan hak untuk melakukan pengajaran dan penelitian bahasa Rusia.




Sumber Bacaan:

Institute.Pushkin: Русский язык: повседневное общение (уровни А1 - С2)

Metodika-rki.livejournal.com: Сколько учебных часов необходимо для достижения каждого уровня в РКИ?

Russia.edu.ru: Уровни владения русским языком 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]