Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Ingin belajar bahasa Rusia, tapi biaya kursus dan privat terlalu mahal? Atau mungkin di kota kawan-kawan belum ada pengajar dan lembaga yang bisa mendukung pembelajaran bahasa Rusia? Sebagai alternatif, kawan-kawan bisa mencoba mempelajari bahasa Rusia melalui portal pembelajaran bahasa Rusia di internet.

Saat ini telah banyak spesialis bahasa Rusia yang membuat serta mengembangkan portal pembelajaran bahasa Rusia bagi penutur asing. Di portal-portal tersebut, para pemelajar dapat mengembangkan keterampilannya dalam menguasai bahasa Rusia secara bertahap berdasarkan tingkat penguasaan bahasa.

Situs-situs apa saja yang bisa menunjang belajar bahasa Rusia kita? Mari kita simak daftar berikut!


Портал “Образование на русском”
Portal ini disusun oleh para pengajar dari Institut Pushkin di Moskwa. Kita dapat mengakses materi belajar lengkap mencakup beragam latihan untuk setiap tingkat kemahiran berbahasa Rusia, mulai dari pemula hingga tingkat mahir. Di dalamnya juga terdapat teks dan audio dengan tema-tema tertentu yang berkaitan dengan budaya Rusia.

Alamat: http://pushkininstitute.ru/learn
Tingkat: A1 (pemula), A2 (dasar), B1 (tingkat I/pra-menengah), B2 (tingkat II/menengah), C1 (tingkat III/menengah-akhir), C2 (tingkat IV/mahir)
Jenis: materi belajar, pengetahuan budaya


Learn Russian

Berupa portal pembelajaran daring (online) yang memuat pelajaran bahasa Rusia bagi penutur asing untuk tingkat A1 sampai B1. Penyusun materi menggunakan prinsip metode pelajaran yang disebut "edutainment", di mana terdapat unsur hiburan yang digunakan dalam proses belajar. Komponen utama dalam portal belajar ini berupa presentasi materi dan permainan komputer yang disertai juga dengan latihan-latihan serta tes.

Alamat: http://learnrussian.rt.com
Tingkat: A1 (pemula), A2 (dasar), B1 (tingkat I)
Jenis: materi belajar, kamus, tes, tabel tata bahasa


Успех+
Portal belajar ini memuat 78 pelajaran yang berisi modul fonetik dasar bahasa Rusia, materi tentang tata bahasa serta kumpulan kosa kata berdasarkan tema-tema tertentu yang diperlukan untuk mencapai kemampuan berbahasa hingga tingkat A1.


Alamat: http://elementaryrussian.spbu.ru/
Tingkat: A1 (pemula)
Jenis: materi belajar, tabel tata bahasa, kamus


Russian For Everyone
Di situs ini terdapat materi pelajaran berupa tabel, tes, permainan, teks bacaan serta audio serta kamus untuk setiap pelajarannya.


Alamat: http://www.russianforeveryone.com/
Tingkat: A1 (pemula)
Jenis: materi belajar


Russian Online
Merupakan situs tutorial multimedia yang memuat materi tentang fonetik dan tata bahasa Rusia bagi penutur asing tingkat A1 dan A2.

Alamat: http://www.rus-on-line.ru
Tingkat: A1 (pemula)
Jenis: materi belajar, latihan, tabel tata bahasa


Russian Language Lessons (Learn Russian for Free)

Selain memuat sejumlah materi pelajaran bahasa Rusia, di situs ini juga terdapat panduan berbahasa Inggris dan Rusia bagi wisatawan asing yang ingin melakukan perjalanan di Rusia, kamus Inggris-Rusia, teks-teks bacaan dll.



Alamat: http://www.russianlessons.net
Tingkat: A1 (pemula)
Jenis: materi belajar, referensi


Master Russian
Situs ini berisi materi pelajaran bahasa Rusia untuk pemula berupa referensi dan penjelasan tata bahasa, daftar kosa kata, ungkapan, kamus, tes, pengetahuan budaya, serta tautan-tautan ke situs lainnya berkaitan dengan bahasa Rusia. Situs ini juga menyediakan forum untuk tanya-jawab tentang bahasa Rusia.



Alamat: http://masterrussian.com
Tingkat: A1 (pemula)
Jenis: referensi, kamus, tes, forum


Голоса
Merupakan situs aplikatif yang berintegrasi dengan buku ajar bahasa Rusia "Голоса". Berisi koleksi materi pembelajaran bahasa Rusia untuk tingkat pemula.



Alamat: http://www.gwu.edu/~slavic/golosa
Tingkat: A1
Jenis: materi belajar, kamus, latihan


Сетевая текстотека
"Сетевая текстотека" atau Pustaka Teks Daring memiliki koleksi teks-teks yang dilengkapi ilustrasi dan audio untuk pembelajaran bahasa Rusia dari tingkat pemula hingga menengah.


Alamat: http://www.irlc.msu.ru/irlc_projects/texts/
Tingkat: A1 (pemula), A2 (dasar), B1 (tingkat I/pra-menengah), B2 (tingkat II/menengah)
Jenis: materi belajar


Russian: An interactive online reference grammar
Situs ini berisi pengantar tentang bahasa dan tata bahasa Rusia, penjelasan tentang alfabet dan aturan bacaan, tema-tema tentang tata bahasa beserta penjelasannya berdasarkan kelas kata, dilengkapi dengan latihan, penjelasan sintaksis (baik pada kalimat sederhana maupun kalimat kompleks, juga tentang urutan kata pada kalimat). Selain itu di situs ini terdapat daftar tautan ke situs pihak ketiga yang menyediakan kamus, buku referensi, dll.


Alamat: https://www.alphadictionary.com/rusgrammar/
Tingkat: A1 (pemula)
Jenis: referensi, tabel tata bahasa, latihan




Situs apa saja yang kawan-kawan gunakan sekarang untuk belajar bahasa Rusia? Situs mana yang paling disukai? Apa alasannya?

Jika kawan-kawan memiliki informasi tentang situs lainnya yang bisa digunakan untuk mempelajari bahasa Rusia, ayo berbagi dan tuliskan alamatnya di kolom komentar! :)


Catatan: tulisan ini akan terus diperbarui dengan tambahan informasi terbaru terkait portal pembelajaran bahasa Rusia bagi penutur asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]