Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Teater Bolshoy adalah simbol seni dan budaya Rusia, khususnya bidang seni musik. Banyak pertunjukan opera dan balet yang ditampilkan di sini kini dianggap klasik. Di Teater Bolshoy juga sering diadakan Kompetisi Balet Internasional. Tak hanya berfungsi sebagai panggung seni, Teater Bolshoy juga memiliki sekolah koreografinya sendiri. Teater Bolshoy diabadikan pada uang kertas Rusia dengan nominal 100 Rubel.

Gedung Teater Bolshoy di malam hari.
 
Teater Bolshoy merupakan teater opera dan balet tertua di Rusia. Nama resminya adalah "Государственный академический Большой театр России" atau 'Akademi Teater Bolshoy Negara Rusia".

Teater Bolshoy kini juga dianggap sebagai monumen arsitektur. Gedung teaternya dibangun dengan gaya kekaisaran. Dinding luar bagian depannya dihiasi dengan 8 tiang, sedangkan di bagian serambinya terdapat patung Apollo, Sang Dewa Seni Yunani Kuno, yang sedang mengendalikan quadriga (kereta dengan dua roda yang ditarik oleh empat ekor kuda) karya P. K. Klodt. Bagian interior teater dihiasi dengan hiasan perunggu, logam berlapis emas dan beludru merah serta cermin-cermin. Bagian auditoriumnya dihiasi dengan lampu kristal, tirai bersulam emas, sedangkan di bagian langit-langitnya terdapat lukisan 9 Musai (kelompok Dewi Yunani Kuno pelindung beragam jenis seni).

Tahun 1776 dianggap sebagai hari lahirnya Teater Bolshoy, saat diselenggarakannya sebuah pertunjukan oleh sekelompok pemain teater profesional di Moskwa untuk pertama kalinya. Pertunjukan opera, balet dan drama pun oleh kelompok teater ini. Namun kelompok pemain teater ini tidak memiliki tempat khusus yang tetap. Hingga tahun 1780 pertunjukan demi pertunjukan diselenggarakan di kediaman milik Graf Vorontsov di Znamenka. Oleh karena itu, kelompok teater ini dikenal sebagai Teater Znamensky, atau terkadang juga disebut sebagai "Teater Medoks" (berdasarkan marga M. Medoks, sang direktur teater). Di akhir tahun 1780 untuk pertamakalinya dibangun sebuah gedung teater yang dirancang oleh arsitektur Kh. Rozberg di Jalan Petrovsky sehingga gedung ini dinamakan Gedung Teater Petrovsky. Namun pada tahun 1805 gedung tersebut mengalami kebakaran sehingga selama 20 tahun pertunjukan demi pertunjukan kembali diselenggarakan di tempat yang berbeda, di antaranya di rumah Pashkov, di Noviy Arbat, dll. Pada tahun 1824 arsitektur O. I. Bove merancang sebuah gedung teater baru yang lebih megah bagi Teater Petrovsky, merupakan gedung teater terbesar kedua di masanya setelah gedung teater Milan "La Scala", karenanya gedung teater ini juga dijuluki sebagai Bolshoy Petrovsky (Petrovsky yang Besar). Gedung teater ini baru dibuka pada tahun 1825. Pada tahun yang sama, grup untuk drama dipisahkan dari grup opera dan balet. Selanjutnya pertunjukan drama hanya diselenggarakan di gedung Teater Maliy (Teater Kecil) yang dibangun di sebelah gedung besar tersebut.

Bagian dalam gedung teater yang megah.
 
Pada tahun 1853 gedung teater yang dibangun oleh O. I. Bove mengalami kebakaran hebat. Mulai dari dekorasi, kostum-kostum, alat musik hingga perpustakaan musik habis dilalap api. Proyek pembangunan selanjutnya dimenangkan oleh arsitektur Albert Kavos. Proyek pembangunan yang dipimpinnya berlangsung selama tahun 1855-1856 dan gedung yang dikenal sebagai Teater Bolshoy itu berdiri hingga saat ini.

Selama tahun 2005-2011 gedung teater mengalami rekonstruksi dengan penambahan banyak alat modern serta tempat baru di bagian bawah tanahnya. Selain itu dinding luar bagian depan teater serta interiornya direkonstruksi kembali sebagaimana bentuknya yang dulu. Sebelumnya pada tahun 2002 panggung baru dibuka di Teater Bolshoy.

Pada awal abad XIX umumnya di Teater Bolshoy ditampilkan karya-karya penulis Prancis dan Italia, namun kemudian ditampilkan juga opera dan balet karya komposer Rusia seperti A. N. Vertovsky, A.A. Alyabyev dan A. Ye. Varlamov. Ketua kelompok balet saat itu adalah A.P. Glushkovsky yang merupakan murid dari Charles-Louis Frédéric Didelot. Pada abad pertengahan di panggung teater sering ditampilkan karya-karya romantis Eropa yang terkenal, seperti "La Sylphide" dengan iringan musik oleh Jean-Madeleine Schneitzhoeffer, "Giselle" dengan iringan musik oleh Adolphe, "La Esmeralda" dengan iringan musik oleh Cesare Pugni.

Penampilan terpenting di paruh pertama abad XIX adalah penampilan perdana dua opera karya M. I. Glinka, yakni "Жизнь за царя" (Hidup untuk Tsar) dan "Руслан и Людмила" (Ruslan dan Lyudmila, 1846). Di paruh kedua abad XIX karya-karya seniman Rusia semakin banyak ditampilkan, di antaranya adalah "Русалка" (Rusalka 1858) karya A.S. Dargomyzhsky, "Юдифь" (Judith, 1865) dan "Рогнеда" (Rogneda, 1868), selama tahun 1870-1880 ditampilkan "Демон" (Iblis, 1879) karya A. G. Rubinshtein, "Евгений Онегин" (Yevgeny Onegin, 1881) karya P. I. Chaykovsky, "Борис Годунов" (Boris Godunov, 1888) karya M. P. Musorgsky; dan di akhir abad ke XIX – "Пиковая дама" (Ratu Sekop, 1891) dan "Иоланта" (Iolanta, 1893 г.) karya Chaykovsky, "Снегурочка" (Gadis Salju, 1893) karya N. A. Rimsky-Korsakov, "Князь Игорь" (Pangeran Igor, 1898) karya A. P. Borodin.

Penampilan balet Teater Bolshoy juga mengalami kemajuan yang pesat sejak akhir abad XIX. Di tahun-tahun tersebut mulai ditampilkan "Лебединое озер"о(Danau Angsa), "Спящая красавица" (Putri Tidur), "Щелкунчик" (Boneka Pemecah Kacang) dengan iringan musik oleh Chaykovsky. Karya-karya tersebut kemudian menjadi simbol balet Rusia yang hingga saat ini menjadi sajian tontonan wajib di Teater Bolshoy. Pada tahun 1899 Teater Bolshoy menampilkan master balet terkenal A. A. Gorsky. Di abad XX teater ini juga menampilkan balerina-balerina terkenal seperti Galina Ulanova dan Maiya Plisetskaya, Yekaterina Maksimova, serta penari terkenal lainnya seperti Nikolay Fadeyechev dan Vladimir Vasiliyev. Di panggung opera juga muncul tokoh teater terkemuka seperti Sergey Lemeshev, Ivan Kozlovsky, Irina Arkhipova dan Yelena Obraztsova. Bertahun-tahun berikutnya teater ini menjadi tempat berkaryanya seniman terkenal seperti sutradara B. A. Pokrovsky, konduktor Ye. F. Svetlanov, serta master balet Yu. N. Grigorovich yang namanya sering dikaitkan dengan perkembangan balet Moskwa di kuartal pertama abad XX.

Memasuki abad XXI banyak pertunjukan-pertunjukan yang diperbarui, undangan penampilan kepada sutradara teater dan master balet terkenal, serta pertunjukan solo dan kelompok teater dari berbagai negara.





Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]