Perayaan Hari Kelahiran Pushkin di Rusia

Deklamasi puisi di sekitar patung Pushkin, Lapangan Pushkin, Moskwa
Hari Pushkin atau disebut juga Hari Bahasa Rusia adalah perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal 6 Juni di Rusia. Perayaan Hari Pushkin merupakan satu dari sekian banyak perayaan besar di negeri yang kaya akan kaya sastra ini. Lalu, mengapa disebut hari Pushkin? Siapakah Pushkin sebenarnya? 

Pushkin bernama lengkap Aleksandr Sergeyevich Pushkin adalah seorang penyair sekaligus penulis prosa Rusia yang terkenal. Berkat karya-karya besarnya, penulis muda ini dianggap sebagai matahari dalam dunia kesusastraan Rusia. Ia merupakan orang yang telah memprakasai penggunaan bahasa Rusia kontemporer untuk penulisan karya sastra dalam sejarah perkembangan kesusatraan Rusia.

Pushkin mampu menyetarakan kemajuan perkembangan sastra Rusia dengan sastra di Eropa tanpa menghilangkan identitas kerusiaannya. Pushkin melahirkan karya-karya yang membuat para pembacanya jatuh cinta. Bahasa yang sederhana, indah dan plotnya yang sulit ditebak, membuat pembaca masuk ke dunia yang telah dia buat dalam setiap karyanya.

Pembacaan puisi Pushkin di Hari Bahasa Rusia ini tak hanya diramaikan oleh orang Rusia, namun juga mahasiswa asing yang sedang mempelajari bahasa Rusia
Sejak tahun 1997 Pemerintah Rusia mengesahkan hari kelahiran Pushkin (6 Juni) sebagai Hari Pushkin. Sejak saat itu, sejumlah masyarakat Rusia rutin berkumpul di Lapangan Pushkin mendeklamasikan puisi atau sekadar mendengar pembacaan puisi-puisi karya Aleksandr Pushkin. Pada zaman Soviet, yang bisa menjadi deklamator biasanya hanya seseorang yang berpengalaman atau seorang aktris terkenal yang memang mampu membaca puisi. Namun, zaman telah berubah. Saat ini, tidak hanya orang-orang terkenal dan berpengalaman, tetapi siapapun yang ingin dan berani untuk tampil di depan khalayak ramai, boleh melakukannya.

Setiap tanggal 6 Juni, mahasiswa Rusia maupun mahasiswa asing mengikuti kegiatan dan lomba pembacaan puisi-puisi Pushkin. Tidak hanya pengalaman yang didapat oleh para finalis lomba, sejumlah hadiah juga disediakan untuk memotivasi mereka agar lebih mencintai bahasa Rusia serta mengenal karya-karya sastra Rusia. Perayaan Hari Pushkin sangat bermakna bagi masyarakat Rusia di seluruh dunia dan juga bagi mereka yang mencintai Rusia. Keberanian, keunikan dan kesederhanaan Pushkin akan selalu dikenang oleh masyarakat Rusia dan para pencintanya.






1 komentar:

  1. Bahasa dan Karya sastra Rusia yang begitu kaya, serta Pushkin yang sedemikian melegenda makin membuat Rusia menjadi negeri yang kaya sejarah.

    BalasHapus