Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Deklamasi puisi di sekitar patung Pushkin, Lapangan Pushkin, Moskwa
 
Hari Pushkin atau disebut juga Hari Bahasa Rusia merupakan perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal 6 Juni di Rusia. Perayaan Hari Pushkin merupakan satu dari sekian banyak perayaan besar di negeri yang penduduknya sangat menghormati sastra ini. Lalu, mengapa disebut Hari Pushkin? Siapakah Pushkin sebenarnya?
 
Pushkin bernama lengkap Aleksandr Sergeyevich Pushkin adalah seorang penyair sekaligus penulis prosa Rusia yang terkenal. Berkat karya-karya besarnya, penulis ini dianggap sebagai matahari dalam dunia kesusastraan Rusia. Ia merupakan orang yang telah memprakasai penggunaan bahasa Rusia kontemporer untuk penulisan karya sastra dalam perkembangan kesusastraan Rusia.

Pushkin mampu menyetarakan kemajuan perkembangan sastra Rusia dengan sastra di Eropa tanpa menghilangkan identitas kerusiaannya. Pushkin telah melahirkan karya-karya yang membuat para pembacanya jatuh cinta terhadap bahasa Rusia. Bahasa yang sederhana, indah dan plotnya yang sulit ditebak, membuat pembaca masuk ke dunia yang ia buat dalam setiap karyanya.


Pembacaan puisi Pushkin di Hari Bahasa Rusia ini tak hanya diramaikan oleh orang Rusia, namun juga mahasiswa asing yang sedang mempelajari bahasa Rusia
 
Sejak tahun 1997 Pemerintah Rusia mengesahkan hari kelahiran Pushkin, yakni pada 6 Juni, sebagai Hari Pushkin. Sejak saat itu, sejumlah masyarakat Rusia rutin berkumpul di lapangan atau di depan patung Pushkin yang ada di kotanya masing-masing untuk mendeklamasikan puisi atau sekadar mendengar pembacaan puisi-puisi karya Aleksandr Pushkin. Di Moskwa, tempat yang selalu dipenuhi orang pada hari Pushkin adalah Lapangan Pushkin (Pushkinskaya ploshchad') di tepi jalan Tverskaya. Pada zaman Soviet, yang bisa menjadi deklamator biasanya hanya seseorang yang berpengalaman atau seorang aktris terkenal yang memang mampu membaca puisi. Namun, zaman telah berubah. Saat ini, tidak hanya orang-orang terkenal dan berpengalaman, tetapi siapapun yang ingin dan berani untuk tampil di depan khalayak ramai, boleh melakukannya.

Dalam menyambut tanggal 6 Juni, mahasiswa Rusia maupun mahasiswa asing biasanya mengikuti kegiatan dan lomba pembacaan puisi-puisi karya Aleksandr Pushkin. Tidak hanya pengalaman yang didapat oleh para finalis lomba, sejumlah hadiah juga disediakan untuk memotivasi mereka agar lebih giat mempelajari bahasa Rusia serta dapat mengenal lebih banyak karya-karya sastra Rusia. Perayaan Hari Pushkin sangat bermakna bagi masyarakat Rusia dan penutur bahasa Rusia di seluruh dunia, juga bagi mereka yang mencintai bahasa Rusia. Keberanian, keunikan dan kesederhanaan Pushkin akan selalu dikenang oleh masyarakat Rusia dan para pencintanya.






1 komentar:

  1. Bahasa dan Karya sastra Rusia yang begitu kaya, serta Pushkin yang sedemikian melegenda makin membuat Rusia menjadi negeri yang kaya sejarah.

    BalasHapus

Bottom Ad [Post Page]