Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Hal-hal apa saja yang bisa dilakukan saat belajar bahasa Rusia agar bisa mendapat hasil yang baik? Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu coba dalam proses belajar bahasa Rusia.


1. Berlatih Setiap Hari
Cobalah untuk rutin mempelajari bahasa Rusia setiap hari walau hanya 10-15 menit. Tingkatkan kemampuan menyimak dengan mendengarkan podcast, lagu, film dalam bahasa Rusia. Baca teks berbahasa Rusia. Pelajari kosakata baru setiap hari. Cobalah untuk mengerjakan latihan soal. Biasakan agar otak kita terus mendapat impuls untuk mempelajari bahasa Rusia. Jika kita malas-malasan atau tidak menyentuh bahasa Rusia sama sekali dalam beberapa waktu tertentu, misalnya seminggu, apa lagi sebulan, maka apa yang kita pernah pelajari sebelumnya akan hilang dan terlupakan.

2. Pelajari Pelafalan Bahasa Rusia Secara Serius
Kebanyakan orang tidak suka mempelajari sistem pelafalan bahasa Rusia yang benar karena dianggap sulit atau membosankan. Sebagian lainnya menganggap bahwa mempelajari tata bahasa lebih penting daripada fonetika. Padahal fonetika atau pelafalan sama pentingnya dengan mempelajari tata bahasa. Tanpa pelafalan yang tepat, maka lawan bicara kita akan kesulitan memahami apa yang kita katakan. Dalam mempelajari pelafalan bahasa Rusia kita dituntut untuk membaca setiap hari dan melafalkan setiap bunyi hurufnya sesuai aturan fonetiknya. Mempelajari pelafalan yang paling ideal adalah belajar dengan pengajar atau tutor bahasa Rusia yang dapat melafalkan bahasa Rusia dengan benar. Adapun mempelajari fonetika secara otodidak, meski bisa saja dilakukan, namun akan sangat sulit dan memerlukan lebih banyak waktu. Sedangkan jika dilakukan pengajar, maka penguasaan fonetika bisa dilakukan dengan cepat karena pengajar dapat memberi masukan dan memberikan latihan khusus untuk bunyi-bunyi yang sulit untuk dilafalkan oleh lidah kita.

3. Imitasi Cara Berbicara Penutur Asli Bahasa Rusia
Mengimitasi bisa kita lakukan dengan menggunakan podcast atau media suara yang bisa kita putar berulang-ulang agar kita bisa mengikuti kata-kata untuk dilafalkan. Selain itu, imitasi berbicara juga penting untuk memahami konstruksi intonasi yang terdapat dalam bahasa Rusia. Sebab suatu kata atau frasa bisa saja memiliki makna yang berbeda jika digunakan dalam konteks dan dengan intonasi yang berbeda.

4. Pelajari Tata Bahasa Rusia
Tata bahasa atau gramatika sering juga dianggap sulit dan membosankan. Sebagian orang malah mengabaikan untuk belajar tata bahasa dengan benar, karena menurutnya meski salah pun, orang bahasa Rusia akan tetap memahami apa yang kita ucapkan. Bisa jadi orang Rusia bisa menebak maksud dan apa yang ingin kita katakan meski ada banyak kesalahan tata bahasa pada kalimat kita. Tapi ingat kembali, apa tujuan kalian mempelajari bahasa Rusia? Apakah hanya sebatas untuk ngobrol ringan belaka atau benar-benar untuk menguasai bahasa Rusia dengan baik? Jika penguasaan bahasa Rusianya merupakan tuntutan pekerjaan atau utuk studi tentunya diperlukan penguasaan yang baik dan bukan asal-asalan.

5. Pelajari Seluruh Aspek Kebahasaan Bahasa Rusia
Banyak yang tidak menyadari bahwa ada sejumlah aspek kebahasaan yang harus kita kuasai saat mempelajari bahasa asing, termasuk bahasa Rusia. Jangan harap jika kalian hanya mempelajari kosakata saja tanpa mempelajari tata bahasa, atau belajar membaca saja bisa menguasai aspek-aspek lainnya seperti berbicara, menyimak dan menulis dalam bahasa Rusia bisa terkuasai juga. Karena itu, gunakan buku pelajaran bahasa Rusia yang bagus dan sedapat mungkin disusun oleh para profesional bahasa Rusia. Bagaimana cara mengetahui buku pelajaran bahasa Rusia yang bagus? Tentunya yang di dalamnya terdapat bahasan mengenai leksika dan gramatika, teks bacaan, bagian untuk menyimak, bahkan fonetika.

6. Analisis Prioritas dan Kebutuhan Berbahasa
Jika kalian merasa perlu meningkatkan kemampuan menyimak, maka perbanyaklah mendengar bahasa Rusia, seperti mendengarkan podcast, buku audio, lagu Rusia atau menonton film. Jika kalian merasa perlu meningkatkan kemampuan berbicara, tentunya harus memperbanyak praktik berbicara dalam bahasa Rusia. Ini akan meminimalisir kelemahan kita dalam berbahasa dan meningkatkan kemampuan berbahasa kita.

7. Berusahalah untuk Membiasakan Berpikir dalam Bahasa Rusia
Gunakan buku pelajaran yang isinya full menggunakan bahasa Rusia. Cari tutor yang siap mengajarkan bahasa Rusia dengan bahasa Rusia. Minimalisir penggunaan metode penerjemahan saat sedang mempelajari bahasa Rusia. Pahami penjelasan bahasa Rusia dengan bahasa Rusia dan upayakan untuk dapat memahami logika bahasa Rusia.

8. Masuk ke Lingkungan Berbahasa Rusia
Tinggal di Rusia atau masuk ke lingkungan berbahasa Rusia akan membantu penguasaan bahasa Rusia kita secara drastis. Jika hal itu sulit dilakukan, kita masih bisa mengubah hal-hal di sekitar kita agar semuanya menjadi bahasa Rusia, misalnya mengubah bahasa di telepon atau di komputer, atau mungkin juga di situs media sosial kita menjadi bahasa Rusia. Seringnya kita melihat bahasa Rusia atau mendengar bahasa Rusia akan membuat kita secara tidak sadar terbiasa dengan kata-kata berbahasa Rusia.

9. Cari Teman yang Berbicara Bahasa Rusia
Teman yang berbicara bahasa Rusia akan dapat membantu kita khususnya dalam praktik berbicara bahasa Rusia. Adakalanya teks atau dialog dalam buku pelajaran memberikan contoh replika tuturan yang kita gunakan sehari-hari. Tapi sayangnya dalam kehidupan nyata kita akan temui juga kenyataan bahwa sebenarnya orang Rusia berbicara dengan gaya bahasa yang beragam dan mungkin tidak kita temukan kata-kata tersebut dalam buku pelajaran, sebab dalam kehidupan sehari-hari tidak jarang juga digunakan gaya bahasa daerah dan kata-kata slang.

10. Berbicara bahasa Rusia dengan Diri Sendiri
Mungkin terdengar lucu, tapi ini sebenarnya hal yang paling sederhana untuk dilakukan karena tidak perlu melibatkan orang lain. Kita hanya perlu membicarakan apa yang kita lihat atau kita pikirkan kepada diri sendiri. Ini akan membantu kita untuk terus berbicara bahasa Rusia sesering mungkin dan melatih otak kita untuk terus berpikir dalam bahasa Rusia.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian juga memiliki tips-tips tersendiri saat mempelajari bahasa Rusia? Silakan berbagi!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]