Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Mikhail Bulgakov merupakan salah penulis, aktor dan sutradara teater terkenal Rusia di masa Soviet. Ia lahir pada 3 Mei 1891 dari keluarga terpelajar di kota Kiev. Bulgakov aktif menulis novel, cerpen, naskah film serta pertunjukan teater, khususnya di sepanjang tahun 1920-an. Ia kemudian sempat mengalami tekanan dari pemerintah represif Stalin. Bulgakov meninggal dunia pada 10 Maret 1940.

Karya-karyanya begitu disukai sehingga sebagian karyanya dibuat ekranisasi ke bentuk film. Film drama berjudul "Бег" (Pelarian) dirilis pertama kali pada tahun 1970. Yelena Bulgakova, sang istri penulis, menjadi konsultan secara langsung di lokasi syutingnya. Aleksander Alov dan Vladimir Naumov yang mengambil gambaran film tersebut tak hanya dari karya "Бег" (Pelarian), tapi juga dari karya lainnya, yaitu "Белая гвардия" (Penjaga Putih) dan "Черное море" (Laut Hitam). Pemilihan aktornya juga cukup lama, tapi pada akhirnya peran Jenderal Khludov diberikan kepada Vladislav Dvorzhetsky yang sekaligus menjadi debutnya di bioskop.

Cuplikan gambar dari film "Собачье сердце"

Film "Собачье сердце" (Hati Seekor Anjing) dirilis pada tahun 1988. Sutradara Vladimir Bortko sengaja menggunakan filter sepia dalam filmnya sebab menurutnya warna tersebut bisa lebih kuat dalam menyampaikan suasana tahun 1920-an. Film tersebut menjadi satu-satunya film adaptasi Soviet yang memenangkan penghargaan "Layar Emas" pada tahun 1989 di Festival Film Internasional Warsawa.

Pada tahun 2005, Vladimir Bortko juga membuat film serial yang merupakan adaptasi karya lain Bulgakov berjudul "Мастер и Маргарита" (Master dan Margarita). Peran utamanya dimainkan oleh Aleksander Galibin dan Anna Kovalchuk. Peran Woland dimainkan oleh Oleg Basilashvili, sedangkan  Yeshua Ha-Notsri dimainkan oleh Sergei Bezrukov. Selain itu, Bezrukov menjadi pengisi suara Master, sedangkan Basilashvili menjadi pengisi suara Afrany, kepala penjaga rahasia Pontius Pilatus.

Cuplikan gambar dari film serial "Мастер и Маргарита".

Tentunya kita tidak akan melupakan film adaptasi karya Bulgakov lainnya yang menjadi film klasik komedi Soviet paling populer berjudul "Иван Васильевич меняет профессию" (Ketika Ivan Vasiliyevich Mengubah Profesinya). Sutradara Leonid Gaidai merekam film ini berdasarkan drama yang ditulis oleh Mikhail Bulgakov berjudul "Иван Васильевич" (Ivan Vasiliyevich).

Adapun film populer lainnya yang juga merupakan adaptasi dari karya Bulgakov adalah "Белая гвардия" (Penjaga Putih) yang disutradarai oleh Sergey Snezhkin, berupa film serial dengan genre drama dan perang.

Tonton film "Бег" di culture.ru:
https://www.culture.ru/movies/418/beg

Tonton film "Белая гвардия" di culture.ru:
https://www.culture.ru/movies/1612/belaya-gvardiya 

Tonton film "Иван Васильевич меняет профессию" di russianfilmhub.com:
https://russianfilmhub.com/movies/ivan-vasilyevich-changes-his-profession-1973/
atau di culture.ru:
https://www.culture.ru/movies/2633/ivan-vasilevich-menyaet-professiyu

Tonton film serial "Мастер и Маргарита" di russianfilmhub.com:
https://russianfilmhub.com/tvshows/the-master-and-margarita-2005/
atau di culture.ru:
https://www.culture.ru/movies/1608/master-i-margarita

Tonton film "Собачье сердце" di russianfilmhub.com:
https://russianfilmhub.com/movies/heart-of-a-dog-1988/
atau di culture.ru:
https://www.culture.ru/movies/430/sobache-serdce

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]