Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Mengapa ada sebagian orang yang ingin cepat-cepat untuk menguasai bahasa Rusia?
Salah satu alasan yang paling umum adalah perlu menguasai bahasa Rusia dalam waktu dekat. Alasan lain untuk belajar bahasa Rusia dengan cepat adalah untuk melatih fokus dan konsentrasi belajar kita. Tetap untuk tetap bertahan pada tema-tema yang sulit dalam waktu tertentu memang tidak mudah dilakukan. Karena itu, dengan menerapkan metode belajar bahasa Rusia dengan cepat, maka mau tidak mau kalian harus melatih diri untuk dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi.

Memangnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar bahasa Rusia?
Barangkali ini pertanyaan yang paling sering diajukan oleh mereka yang tertarik untuk mempelajari bahasa Rusia. Sekali lagi, tidak ada jawaban yang spesifik untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Di internet saat ini bisa kita temukan sejumlah kursus, situs belajar atau tulisan mengenai metode belajar yang menjanjikan Anda menguasai bahasa Rusia hanya dalam waktu singkat. Tapi faktanya, sulit bagi pemelajar umum untuk dapat fasih menggunakan bahasa yang baru ia pelajari hanya dalam waktu beberapa bulan saja, kecuali jika orang itu benar-benar jenius dan memiliki kemampuan belajar di atas rata-rata.

Kecepatan belajar bahasa seseorang sebenarnya dipengaruhi oleh bahasa ibu dan bahasa lain yang pernah dikuasai olehnya sebelumnya. Selain itu, alasan dan motivasi belajar seseorang juga sangat mempengaruhi. Karena itu, meskipun bagi pemelajar bahasa rata-rata perlu waktu setidaknya setahun untuk dapat menguasai dasar-dasar bahasa Rusia, namun bagi mereka yang memiliki motivasi belajar yang besar, bisa lancar berbahasa Rusia dengan waktu belajar kurang dari setahun.

Nah, berikut adalah tips-tips yang bisa kita terapkan agar kita bisa menguasai bahasa Rusia dengan cepat.

 

1. Pelajari Alfabet Rusia dengan Serius

Alfabet Rusia menggunakan aksara Kiril. Beberapa hurufnya mirip dengan alfabet Indonesia, tapi sebagian lagi tidak mirip, atau ada yang mirip, tapi dilafalkan secara berbeda. Karena itu, kita perlu waktu khusus untuk fokus dan serius mempelajari dan menguasainya. Mengapa perlu ditekankan soal keseriusan ini? Karena ini adalah tahap awal belajar bahasa Rusia. Jika sudah menyerah di tingkat ini, maka akan sulit untuk melanjutkan proses belajar ke depannya.

Jangan membaca kata atau kalimat bahasa Rusia dengan bantuan transliterasi! Jika kawan-kawan sedang mempelajari alfabet Rusia, tapi menemukan sumber materi yang menawarkan transliterasi untuk memudahkan melafalkan alfabet Rusia, sebaiknya tinggalkan segera. Sebab membaca kalimat-kaliamt Rusia dengan transliterasi hanya membuang-buang waktu kalian dan dapat mengurangi fokus kalian dalam menguasai alfabet Rusia.

Untuk mempelajari alfabet Rusia, kami sarankan untuk mempelajari penjelasan dari Master Russian dan video alfabet Rusia dari Russian Plus.

Selain itu, di blog Jiwa Rusia juga tersedia tulisan tentang cara pelafalan alfabet Rusia beserta aturan pelafalannya.

Terlepas dari sumber belajar yang kalian gunakan, mempelajari alfabet Rusia sebenarnya tidak seharusnya memerlukan waktu yang lama, karena itu, sekali lagi, tetap fokus dalam mempelajarinya dan cobalah untuk banyak-banyak berlatih menulis dan membaca alfabet Rusia.

 

2. Pelajari Kosakata Umum Terlebih Dahulu

Dengan mempelajari kata-kata umum terlebih dahulu maka kita dapat langsung menggunakan atau mempraktikkannya secara langsung dalam berkomunikasi.

Untuk mencapai tingkat fasih memang membutuhkan waktu yang lebih lama, tetapi melakukan praktik dan berkomunikasi dalam bahasa Rusia secara langsung merupakan langkah awal menuju kefasihan. Dengan mengetahui kata-kata umum, kita akan dapat melakukan percakapan dasar dan memahami tuturan bahasa Rusia di media yang kita simak. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan sesuatu yang lebih dari yang kita pelajari secara khusus.

Untuk memulainya, kawan-kawan bisa mencoba mempelajari 1000 kosakata umum dari situs 101languages.net berikut ini.


3. Pelajari Kosakata Serapan dan Pinjaman

Bahasa Rusia juga menyerap dan meminjam kosakata dari bahasa lain, tidak terkecuali dari bahasa Inggris yang telah menjadi salah satu bahasa internasional. Kosakata yang dipinjam dari bahasa lain ini dapat memudahkan kita saat mempelajarinya, karena kita telah mengenal kosakata tersebut terlebih dahulu, hanya mungkin kita perlu menyesuaikannya lagi dengan pelafalan dan bentukan katanya dalam bahasa Rusia.

Untuk daftar kosakata pinjaman dari bahasa Inggris bisa dipelajari melalui situs ezglot berikut. Selain itu, kita juga bisa mempelajari kosakata serapan dari bahasa Inggris yang bisa dilihat di blog The Russian Blog berikut ini.


4. Gunakan Media Belajar yang Autentik dan Menarik
Menggunakan media autentik adalah cara yang menyenangkan dan dapat membantu kita menguasai bahasa Rusia dengan cepat. Kita bisa menyimak media audio dan video yang dibuat untuk pengajar bahasa Rusia dan penutur asli bahasa Rusia, mendengarkan tuturan bahasa Rusia dalam konteks yang berbeda, kita dapat langsung menerapkan apa yang kita pelajari dalam situasi di dunia nyata.

Bentuk medianya bisa berupa podcast, misalnya melalui situs Russian Podcast, atau belajar dari video Youtube, misalnya melalui kanal-kanal populer seperti Real Russian Club dan Easy Russian.


5. Tenggelamkan Diri Kalian dalam Bahasa Rusia di Mana Pun Berada


"Menenggelamkan diri" dalam bahasa yang kita pelajari adalah cara tercepat untuk belajar bahasa apa pun.

Jika kawan-kawan memiliki kesempatan untuk mengunjungi Rusia atau negara-negara yang mayoritas berbicara bahasa Rusia, maka itu adalah kesempatan luar biasa bagi kalian untuk menenggelamkan diri dalam bahasa Rusia di lingkungan yang memang berbahasa Rusia. Tapi jika tidak ada kesempatan tersebut, kita masih bisa menenggelamkan diri kita dalam bahasa Rusia di rumah atau lingkungan sekitar kita.

Hal-hal sederhana seperti membaca tulisan-tulisan Rusia, memberi label atau menempel stiker pada perabotan rumah tangga, peralatan kerja di kantor atau perlengkapan belajar ke sekolah dengan bahasa Rusia. Metode ini juga merupakan metode yang paling populer bagi pemula. Karena sering melihat label-label tersebut, kalian bisa menghafal banyak kosakata Rusia dalam waktu singkat tanpa menyengajakan diri untuk menghafalkannya.

Cobalah juga untuk memikirkan apapun dalam bahasa Rusia, termasuk rutinitas harian, rencana yang akan dilakukan, tempat-tempat yang akan dikunjungi. Pikirkanlah itu semua dalam bahasa Rusia, semampu yang kita bisa.

Kita juga bisa mengunduh trek audio Rusia untuk digunakan sebagai alarm setiap pagi. Tontonlah sejumlah film kartun Rusia saat sarapan sebelum bekerja. Dengarkanlah podcast Rusia saat pergi ke tempat kerja. Sering-seringlah menonton film Rusia di waktu luang untuk meningkatkan kefasihan kita.

Untuk menonton film animasi Rusia, kalian bisa mencoba menonton film-film animasi dari proyek "Гора самоцветов" di Youtube. Adapun untuk menikmati sinema berbahasa Rusia, bisa menontonnya melalui situs russianfilmhub.com.


6. Latihlah Keterampilan Berbahasa Rusia Setiap Hari

Apa pun teknik belajar cepat yang kalian gunakan, dengan siapapun kalian belajar, yang terpenting dari semuanya adalah konsistensi kita dalam berlatih keterampilan bahasa Rusia setiap hari.

Mungkin kawan-kawan juga pernah tergoda untuk belajar berjam-jam dalam sehari, tapi kemudian tidak belajar selama beberapa hari sampai akhirnya mulai belajar lagi. Tindakan seperti ini akan sangat mempengaruhi keterampilan kalian, sebab kemampuan berbahasa Rusia yang telah dikuasai bisa mengalami kemunduran, dan tentunya dapat memperlambat kemajuan belajar kalian.

Untuk menghindari hal ini, ada dua solusi yang mungkin bisa kita lakukan, yaitu belajar mikro dan belajar sprint.

Metode belajar mikro dapat berlangsung sekitar lima hingga sepuluh menit, sehingga dapat dengan mudah dilakukan sambil minum kopi di pagi hari atau saat bersantai sebelum tidur.

Jika metode belajar ini cocok bagi kalian, maka disarankan untuk mencoba melakukannya dua kali sehari, yaitu sekali di pagi hari dan sekali di malam hari setiap hari, termasuk di akhir pekan.

Kita dapat menggunakan berbagai jenis materi yang diinginkan untuk belajar di sesi mikro ini. Misalnya, kita dapat mengerjakan latihan di aplikasi belajar bahasa, menonton video berbahasa Rusia di YouTube, mendengarkan lagu Rusia sambil membaca liriknya, membaca berita berbahasa Rusia di internet, atau menulis beberapa hal dalam bahasa Rusia di buku catatan kita.

Yang terpenting dalam metode ini bukanlah bahan belajar yang kita gunakan, tetapi kenyataan bahwa kita dapat terus melakukan kontak dengan bahasa Rusia setiap hari.

Adapun mengenai metode belajar sprint biasanya berlangsung sekitar satu hingga tiga jam. Beberapa orang mungkin dapat bertahan dengan durasi belajar yang lebih lama, tetapi jika kita melakukan ini, pastikan juga untuk melakukan jeda istirahat setiap beberapa jam belajar. Otak kita hanya dapat fokus untuk jangka waktu tertentu, dengan demikian, usaha apa pun yang dilakukan setelah otak kita lelah tidak akan dapat memberikan hasil yang baik.

Metode sprint ini baiknya dilakukan tiga sampai lima kali seminggu. Namun kalian tetap bisa menyesuaikan durasi belajarnya, tergantung pada tujuan dan tenggat waktu yang kalian tentukan untuk dapat menguasai bahasa Rusia.

Salah satu aspek kunci dari belajar secara sprint adalah kita harus melatih aspek-aspek utama keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, menulis, dan membaca) pada satu waktu. Misalnya, jika kita melakukan empat sprint dalam seminggu, maka bisa fokus mempelajari setiap aspek keterampilan secara berbeda setiap harinya.

Jika kalian berencana untuk melakukan metode sprint kurang dari itu empat kali seminggu, maka mau tidak mau, harus dapat membagi waktu belajar dengan tepat untuk melatih keterampilan yang berbeda.


7. Carilah Penutur Rusia dan Mulailah Berinteraksi dengan Mereka

Berinteraksi dengan penutur asli juga merupakan cara cepat untuk meningkatkan keterampilan kita. Berbicara dengan orang Rusia akan meningkatkan kemampuan pelafalan, berbicara, dan menyimak. Menjalin persahabatan, walau sekadar teman chat atau pun sahabat pena juga dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis kita.

Jika kawan-kawan belum memiliki kenalan orang Rusia, maka cobalah aplikasi pertemanan atau pertukaran bahasa online seperti Language.Exchange, MyLanguageExchange.com atau interpals.net. Situs-situs web ini memungkinkan kita menemukan penutur asli bahasa Rusia, atau bahkan mereka yang sedang mempelajari bahasa Indonesia. Dengan cara ini, kita bisa dapat saling membantu mempelajari bahasa target yang ingin dikuasai.


8. Gunakan Program Belajar dengan Target Hasil Tertentu

Ada sejumlah program pembelajaran yang menawarkan target hasil belajar yang cepat. Program-program semacam ini dapat menjadi cara yang bagus untuk membuat kita menjadi lebih bersemangat dalam belajar.

Berikut adalah beberapa program pembelajaran yang dapat kita gunakan bersama dengan sumber autentik:

Belajar membaca di Russian Made Easy. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa hal pertama yang harus dilakukan saat mulai belajar bahasa Rusia adalah menguasai alfabet Rusia. Melalui sembilan video berseri dari situs tersebut, kita akan bisa membaca huruf dan kata apa pun dalam bahasa Rusia dengan target waktu belajar kurang dari dua jam. Kursus mini video ini akan membuat kita dapat membaca bahasa Rusia dalam waktu singkat.

Drops merupakan aplikasi yang sangat menyenangkan. Aplikasi ini juga bisa membantu kita dalam menguasai kosakata baru bahasa Rusia dengan cepat. Program ini adalah program yang sempurna untuk sesi belajar mikro, sebab Drops dapat memberi kita waktu lima menit sehari untuk mempelajari kata sebanyak mungkin melalui latihan yang mudah dimengerti, seperti memasangkan gambar dengan kata, menyusun ulang huruf, atau menentukan apakah sebuah kata telah ditulis dengan benar. Yang terbaik dari semua hal itu adalah bahwa Drops hanya akan menggunakan bahasa Rusia untuk mengajari kita bahasa Rusia, sehingga kita jadi lebih terbiasa dengan bahasa Rusia.

"Kursus Cepat" Live Lingua, atau  Live Lingua’s “Russian Fast Course”  adalah kursus gratis yang menyediakan e-book beserta audionya. Ide utama dalam program ini adalah bahwa kita bisa belajar dengan metode "imitasi terbimbing" dan metode pengulangan.


9. Membaca Buku Berbahasa Rusia

Poin ini mungkin mengejutkan bagi kalian, tetapi membaca buku adalah salah satu cara tercepat untuk meningkatkan keterampilan kita dalam mempelajari bahasa apa pun!

Ketika kita menggunakan buku untuk belajar bahasa, maka otak kita akan terfokus pada kata-kata yang tertulis di dalamnya. Kita harus memperhatikan konstruksi yang terdengar aneh, atau justru malah menarik, Kita dapat menghafal kosa kata baru dengan lebih baik, melihat aturan tata bahasa dalam kalimat dan menjadi pahaman bagaimana "cara kerja" bahasa Rusia.

Membaca dapat membuat kita menguasai kosakata baru lebih cepat, memahami tata bahasa lebih baik dan bahkan meningkatkan keterampilan bahasa secara keseluruhan!

Ada beberapa jenis buku berbeda beserta cara penggunaannya agar kita bisa mendapatkan manfaat dalam proses belajar.

Jika kawan-kawan termasuk yang sedang terburu-buru untuk menguasai bahasa Rusia, maka direkomendasikan untuk menggunakan jenis-jenis buku berikut:

Kursus Bahasa Rusia dalam format buku. Jenis buku ini lebih disukai saat seseorang memutuskan untuk belajar sendiri/secara mandiri. Buku semacma ini mencakup banyak informasi tentang tata bahasa, daftar kosakata, latihan, tidak jarang dilengkapi CD untuk melatih pemahaman menyimak. Buku-buku ini sangat populer di kalangan pembelajar otodidak karena kecepatan efektivitasnya yang maksimal.

Buku bilingual bahasa Rusia. Buku-buku disajikan dalam bahasa Rusia dan disertai dengan terjemahan ke dalam bahasa lain, misalnya ke bahasa Inggris, sehingga kita bisa membandingkan struktur dan terjemahan kosakata bahasa Rusia dengan bahasa lain.

Buku bacaan yang telah adaptasi. Buku ini biasanya ditulis ulang oleh pengadaptasi sehingga lebih sedikit dan lebih mudah untuk dibaca oleh pemelajar bahasa Rusia. Adaptasinya pun dibuat dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan, misalnya untuk pembaca tingkat A1, A2, B1 dst.

Buku bacaan. Yang termasuk dalam kategori ini adalah novel, cerpen, biografi, dan memoar yang ditulis oleh penulis tertentu. Di dalamnya tidak ada terjemahan atau upaya yang dapat membantu pemahaman. jika kawan-kawan suka membaca, maka membaca buku bacaan sangat disarankan, terutama jika kalian sudah mencapai tingkat lanjut dalam perjalanan mempelajari bahasa Rusia.

Catatan: Tidak disarankan bagi pemelajar cepat bahasa Rusia untuk belajar dari buku khusus membahas tata bahasa, serta buku teks dan buku latihan yang dibuat untuk proses belajar di kelas. Buku khusus tata bahasa memang baik untuk dipelajari, tapi fokus penggunaannya adalah untuk memperdalam pemahaman tata bahasa secara menyeluruh, bukan untuk kegunaan komunikasi secara praktis dalam waktu singkat. Adapun buku teks dan buku latihan untuk kelas juga kurang cocok jika kalian perlu menguasai bahasa Rusia dalam waktu singkat, sebab buku-buku semacam ini memang ditargetkan untuk dihabiskan dalam jumlah waktu tertentu dan perlu pembimbing juga untuk penggunaannya.



10. Belajar dengan Menyenangkan

Belajar bahasa Rusia bisa dilakukan dengan sangat menyenangkan! Jika memikirkan soal aturan tata bahasa Rusia, mungkin memang menakutkan, tetapi tetap saja, proses belajarnya bisa dan memang seharusnya menyenangkan!

Ada banyak cara untuk membuat proses belajar menjadi menyenangkan. Misalnya dengan menonton film, serial, atau kartun, berkaraoke, chatting, membaca komik atau meme, dan masih banyak lagi cara yang bisa kita lakukan.

Meski begitu, ada dua hal yang bisa digunakan untuk meraih kesenangan sekaligus meningkatkan kemampuan belajar kita, yaitu aplikasi belajar dan game. Baik aplikasi maupun game membuat kita tetap fokus dan memastikan kita agar tidak pernah bosan belajar.

Aplikasi pembelajaran bahasa Rusia adalah saat ini bukan lagi hal baru. Di antara aplikasinya bahkan ada yang berbentuk permainan atau kuis untuk membantu kita lebih banyak menghafal dan memahami apa yang ingin kita pelajari, sehingga dapat membuat proses belajar lebih menyenangkan. Kita bisa menggunakan aplikasi yang bisa kita pasang di ponsel kita, seperti Fun Easy Learn dan aplikasi LinGo

Untuk pencinta game online, mungkin bisa juga bereksplorasi di layanan penyedia game tertentu dan kita bisa mengubah bahasanya ke bahasa Rusia untuk menyelesaikan misi game tertentu. Dengan demikian, mau tidak mau kita dituntut untuk memahami teks atau narasi ceritanya. Opsi lain, kita bahkan bisa langsung memainkan game yang memang dibuat untuk membantu kita memahami bahasa Rusia, seperti game Influent yang bisa kita mainkan di layanan Steam.

Bagaimana? Sudah ada gambaran sekarang? Belajar bahasa Rusia dengan cepat sebenarnya memungkinkan untuk dilakukan, khususnya saat ini, saat semua layanan sudah tersedia di internet. Yang terpenting adalah kita tahu dan bisa memilah hal-hal apa saja yang bisa membantu kita memahami bahasa Rusia dengan efektif.

Dan kini, sudah waktunya untuk tancap gas dan lanjut untuk mempelajari bahasa Rusia lagi!

Gunakan tips-tips ini sehingga proses belajar bahasa Rusia kalian dapat lebih cepat, efektif dan menyenangkan.

Tetap semangat, kawan-kawan! Удачи! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]