Mengapa Orang Rusia Tidak Suka Tersenyum?

Bangsa Rusia dikenal sebagai bangsa yang dingin, kaku, serius dan mahal senyum. Di film-film Hollywood, orang Rusia sering digambarkan sebagai orang yang seram dan galak karena sering diposisikan sebagai musuh dari lakon utamanya. Tapi, benarkah orang Rusia tidak suka tersenyum?

Bukan saatnya tersenyum.
Sumber: vasya-lozkin

 Tentu saja tidak! Orang Rusia juga manusia, seperti kita. Sebagai manusia, tentu mereka juga punya emosi dan pastinya rasa humor. Bahkan bangsa Rusia punya banyak anekdot lucu yang tak jarang membuat orang yang mendengarnya tertawa terbahak-bahak. Dalam bidang sastra, khususnya drama, orang Rusia juga punya banyak drama komedi, baik itu berbentuk komedi lugas maupun satir. Intinya, orang Rusia aslinya tak hanya suka tersenyum, tapi mereka juga suka tertawa! Namun perlu dicatat bahwa tidak setiap saat orang Rusia akan memberikan senyumnya. Umumnya mereka hanya akan tersenyum jika merasa nyaman dengan seseorang yang dihadapinya. Misalnya ketika bersama teman dekat, ketika di rumah bersama keluarganya atau ketika memang melihat sesuatu yang menarik atau lucu.

Tebaklah negaranya, berdasarkan penampakan wajahnya
Sumber: psychologos
 Dalam budaya Rusia, tersenyum kepada setiap orang yang berpasasan atau dengan tetangga bukanlah standar kesopanan, seperti yang berlaku di Indonesia. Karenanya di Rusia, orang tidak tersenyum kepada orang yang tidak dikenalnya dan itu biasa saja, bukan menunjukkan arogansi atau ketidaksopanan. Namun pengaruh budaya Timur dan Barat tentang standar kesopanan yang ditunjukkan dengan senyuman membuat orang Rusia saat ini mengikutinya juga. Kini bisa ditemukan orang Rusia yang tersenyum walau kepada orang yang tidak dikenalnya, terutama di tempat-tempat seperti restoran, hotel, toko dan di tempat manapun yang dianggap perlu "memuliakan" pengunjung. Hanya saja, kebiasan senyum terhadap orang asing ini juga bukan merupakan kebiasan mutlak yang wajib diikuti oleh setiap orang Rusia, sehingga di beberapa tempat, seperti di kasir toko atau pasar, tetap masih ada saja orang Rusia yang "mahal" untuk tersenyum walau posisi kita sebagai "tamu" bagi mereka.
Orang Rusia tidak suka tersenyum? Pffft...
Putin dan Medvedev sedang tersenyum dan tertawa bersama
Sumber: cdn01
Intinya, orang Rusia bukannya tidak suka tersenyum, tapi lebih tepatnya, orang Rusia tidak akan tersenyum tanpa alasan. Namun jika kawan masih penasaran, maka kawan bisa diuji sendiri jika bertemu dengan orang Rusia, misalnya dengan mengajak mereka bicara atau sekadar basa-basi, tentunya dengan sikap sopan santun ala orang Indonesia sambil memberikan senyuman terbaik kita. Kawan akan lihat sendiri bagaimana hasilnya :)

0 Komentar:

Posting Komentar