Penumpang Kereta MTsK di Moskwa Unduh Lebih dari 30 Ribu Buku Elektronik dari "Perpustakaan Mobile"

Penumpang di Stasiun Kereta MTsK yang sedang menggunakan ponsel pintar.

Buku-buku yang masuk dalam daftar rekor buku audio yang terbanyak diunduh di aplikasi ini antaranya adalah "Dongeng dari Kota Kuno Vilnius" karya Max Frei (nama pena dari Svetlana Yuryevna Martynchik), "Pulau Hari Kemarin" karya Umberto Eco, "Jam Malam" karya Sergey Lukyanenko, "Master dan Margarita" karya Mikhail Bulgakov dan "Perangkap bagi Para Pencinta" karya Oleg Roy.

Lebih dari 30 ribu buku telah diunduh dari "perpustakaan mobile" oleh para penumpang kereta di Jalur Lingkar Tengah Moskwa (Moskovskoye Tsentral'noye Kol'tso) atau biasa disingkat sebagai "MTsK" sejak pertama kali dirilisnya aplikasi tersebut. Sejak bulan April 2017, sebanyak 30 rak virtual telah ditempatkan di stasiun-stasiun MTsK lengkap dengan foto sampul buku dan kode QR. Untuk mengunduhnya secara gratis di ponsel pintar, para penumpang hanya perlu memindai kode tersebut atau membuka tautan yang telah ditentukan.

"Proyek "perpustakaan mobile" ini memungkinkan warga Moskwa dan para pelancong yang mengunjungi ibukota Rusia ini untuk memanfaatkan waktu perjalanan mereka dengan membaca karya sastra atau mendengarkannya dalam bentuk buku audio. Para penumpang menyukai buku-buku karya sastra yang disediakan, baik karya sastra klasik maupun karya modern," kata Deputi Utama Kepala Metro Moskwa untuk Pembangunan Strategis dan Kerja Pelanggan, Roman Latypov, sebagaimana dilansir Mos.ru pada Kamis (11/1).

Sepanjang tahun ini, sebagian besar penumpang mengunduh buku-buku seperti "Debu Bintang" karya Neil Gaiman, "Di Bawah Kubah" karya Stephen King, "Setelah Api" karya Ollie Vinget, kumpulan karya berbagai penulis "12 Kisah tentang Cinta Sejati" dan "Stasiun Mimpi yang Hilang" karya China Miéville. Di antara buku audio yang paling populer diunduh para penumpang adalah ""Dongeng dari Kota Kuno Vilnius" karya Max Frei, "Pulau Hari Kemarin" karya Umberto Eco, "Jam Malam" karya Sergey Lukyanenko, "Master dan Margarita" karya Mikhail Bulgakov dan "Perangkap bagi Para Pencinta" karya Oleg Roy.

Melalui aplikasi "Perpustakaan Mobile" penumpang juga mengunduh buku-buku terlaris karya para penulis terkenal Rusia, seperti Pavel Sanaev, Dina Rubina, Yekaterina Vilmont dan Helena Mikhailov. Begitu juga dengan karya-karya klasik dunia yang ditulis oleh Ivan Turgenev, Fyodor Dostoyevsky, Anton Chekhov, William Shakespeare, Honore de Balzac dan Friedrich Nietzsche. Selain buku audio bahasa Rusia, para penumpang juga bisa mengunduh buku audio yang tersedia dalam bahasa Inggris. Totalnya ada 200 karya yang tersedia di rak perpustakaan virtual ini.

Untuk mengunduh koleksi buku yang tersedia, pengguna hanya perlu memindai kode QR menggunakan kamera ponsel cerdas atau tablet. Dalam kode tersebut terdapat enkripsi tautan yang mengantarkan pengguna ke laman internet di mana terdapat buku yang dipilih. Layanan "Perpustakaan Mobile" ini telah tersedia di lebih dari 20 stasiun kereta di MTsK, termasuk di stasiun Lokomotiv, Delovoy Tsentr, Izmaylovo, Vladykino, Okruzhnaya dan Baltiyskaya.

"Perpustakaan Mobile" adalah proyek gabungan yang didukung oleh Metro Moskwa, layanan buku elektronik terbesar di Rusia "LitRes" dan kelompok penerbit "Eksmo-AST".





Sumber Berita dan Ilustrasi:

0 Komentar:

Posting Komentar