Moskwa Tak Percaya pada Air Mata (Film)

Film "Moskwa Tak Percaya pada Air Mata" (dalam bahasa Rusia: Москва слезам не верит) adalah salah satu adikarya film Soviet yang sukses di zamannya. Selama setahun sejak pertama kali diluncurkannya di Uni Soviet, film ini telah ditonton oleh 90 juta orang! Pada tahun 1981, film karya Vladimir Menshov mendapatkan penghargaan Oscar untuk Film Bahasa Asing Terbaik. Bahkan hingga hari ini, film "Moskwa Tak Percaya pada Air Mata" masih menjadi salah satu film populer dan tak jarang ditampilkan di layar televisi Rusia.

Secara singkat, film ini mengisahkan tentang gadis pinggiran bernama Katya Tikhomirova yang baru datang ke Moskwa demi mengejar karirnya di ibukota. Ia kemudian bekerja di pabrik dan sering bekerja hingga malam hari. Ia menjadi ahli teknik di tempat kerjanya, kemudian berhasil menjadi direktur pabrik besar tersebut. Meski demikian, ia merasakan suatu kekosongan di dalam dirinya.

Suatu hari, Katya tergoda oleh seorang pria yang bekerja di sebuah kanal televisi Moskwa. Hasil dari hubungan mereka, Katya mendapatkan seorang bayi perempuan, Sasha. Sayangnya pria itu tak mau bertanggung jawab, sehingga Katya harus membesarkan anaknya sendirian.

Waktu berlalu, Sasha pun telah tumbuh menjadi menjadi remaja. Suatu hari di kereta listrik, Katya berkenalan dengan Gosha (diperankan oleh Aleksey Batalov), seorang tukang kunci. Meski pria itu agak aneh, namun akhirnya Katya menyadari bahwa Gosha adalah sosok yang ia butuhkan.

Sasha, Katya dan Gosha dalam film "Moskwa Tak Percaya pada Air Mata".
Tokoh Katya yang sangat pendiam dan dingin diperankan oleh Vera Alentova. Selain itu, ada juga artis berbakat Soviet lainnya yang bermain sebagai teman dekat Katya di film ini, yakni Irina Muraviyeva dan Raisa Ryazanova yang memerankan tokoh Lyudmila yang ambisius dan Tosya yang sederhana. Kehidupan tiga orang wanita Soviet ini dikisahkan begitu unik dalam film ini. Mereka dengan caranya sendiri berusaha bertahan hidup dalam menghadapi kehidupan ibukota yang kejam. Berkat kesabaran dan kesedarhanannya, Tosya dapat membangun rumah tangga yang baik dan penuh cinta. Lyudmila yang awalnya merasa paling bahagia saat menikah, di kemudian hari menyadari bahwa ia merasa tertipu karena rumah tangganya menjadi yang paling menyedihkan di antara teman-temannya. Katya yang sempat rendah diri, kemudian belajar mensyukuri hidup setelah ia memulai kehidupan baru dengan si tukang kunci. Satu hal yang dapat kita sadari dari kehidupan mereka, bahwa Moskwa tak percaya pada air mata.


Judul: Moskwa Tak Percaya pada Air Mata
Tahun: 1979
Negara: Uni Soviet
Genre: Melodrama
Durasi: 150 menit (terdiri dari dua episode)
Pemeran: Aleksandr Fatyushin, Vera Alentova, Irina Muravyeva, Viktor Uralskiy, Valentina Ushakova, Aleksey Batalov, Boris Smorchkov, Raisa Ryazanova, Yuriy Vasiliyev, Nataliya Vavilova
Sutradara: Vladimir Menshov
Distributor: Mosfilm


Episode 1

Episode 2

0 Komentar:

Posting Komentar