Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Как просто приготовить пасху, кулич и украсить яйца в технике декупаж? - 53  НовостиPaskah adalah hari raya terbesar bagi umat Gereja Ortodoks Rusia. Rangkaian perayaan Paskah adalah untuk memperingati peristiwa saat Yesus Kristus disalibkan di Bukit Golgota dan kebangkitannya. Hari raya ini dianggap sebagai hari yang paling suci di antara hari raya keagamaan lainnya bagi umat Gereja Ortodoks Rusia. Dalam rangka memperingatinya, masyarakat Rusia memiliki sejumlah tradisi yang unik dan menarik. Perayaan Paskah oleh umat Gereja Ortodoks Rusia tahun ini jatuh pada tanggal 24 April 2022.



Puasa Agung
Dalam menyambut Paskah, umat Gereja Ortodoks Rusia berpuasa selama 40 hari. Puasa ini dilakukan dengan menahan diri dari makanan yang dilarang saat berlangsungnya puasa, seperti susu, daging, mentega, keju, telur dan olahan bahan-bahan makanan tersebut, serta minuman beralkohol (kecuali anggur pada waktu tertentu). Mereka menghindari kegiatan duniawi yang bersifat melenakan, banyak mengikuti liturgi gereja, membaca doa dan mempelajari peristiwa yang berkaitan dengan penyaliban Kristus.

Kue Kulich dan Telur Paskah
Seminggu sebelum perayaan puncak Paskah, masyarakat Rusia biasanya membersihkan rumahnya. Orangtua mengajak anak-anaknya menghias telur rebus dengan warna, gambar atau cara lainnya. Sebelum memakannya, anak-anak akan menggunakannya sebagai mainan, yakni dengan membenturkannya dengan telur milik lawan mainnya. Telur siapa yang pecah lebih dulu, berarti ia kalah. Selain itu, di minggu ini orang-orang akan memasak atau membeli kue Paskah yang disebut "kulich", yakni kue manis dengan warna-warni yang memikat.

Makan Pagi setelah Puasa Agung
Makan pagi bersama keluarga setelah menyelesaikan puasa agung merupakan momen terpenting dalam perayaan Paskah. Saat menjalankan puasa agung, umumnya umat Gereja Ortodoks Rusia hanya makan roti gandum, sayuran dan sereal saja. Namun setelah puasa selesai, mereka akan memakan kue kulich dari tepung putih, kue paskha dari keju cottage, dan telur rebus yang sudah dihias sebelumnya. Telur paskah yang telah disucikan dipercaya memiliki keajaiban dan bisa memberikan kesembuhan.

Ciuman Paskah
Pada puncak perayaan di hari Minggu Paskah, umat Kristen Ortodoks saling menyapa dengan ungkapan salam "Христос воскрес!" (Kristus telah bangkit!), dan orang yang disapa akan menjawab "Воистину Воскрес!" (Sesungguhnya ia telah bangkit!). Setelah saling mengucapkan salam tersebut, mereka akan saling mencium pipi masing-masing tiga kali yang disebut sebagai "Ciuman paskah".

Paskah untuk Semua
Minggu Paskah disebut juga sebagai Minggu Cerah. Paskah di Rusia tidak hanya dirayakan oleh umat Kristen, tapi juga oleh mereka yang non-religius, sebab perayaan ini dianggap sebagai momen terbaik untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Pada hari Paskah orang-orang, akan pergi ke gereja bersama keluarganya untuk mengikuti kebaktian. Setelah kebaktian, pihak gereja memberikan kesempatan bagi setiap orang yang datang ke gereja untuk membunyikan lonceng gereja.

 

Ucapan Selamat Paskah dalam Bahasa Rusia
Untuk mengucapkan selamat Paskah dalam bahasa Rusia, kita bisa menggunakan beberapa pilihan ucapan berikut:
Поздравляю с Пасхой! (Saya ucapkan selamat Hari Paskah!)
Счастливой Пасхи! (Semoga berbahagia di Hari Paskah!)
Со светлой Пасхой! (Selamat merayakan Hari Paskah yang cerah!)
С праздником Пасхи! Христос Воскрес! (Selamat Hari Raya Paskah! Kristus telah bangkit!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]