Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 


 

Tips 1
Alah bisa karena biasa. Agar dapat menguasai kemampuan berbicara bahasa Rusia dengan baik, maka kita harus membiasakan diri dan melakukan kontak dengan bahasa Rusia. Cara yang paling mudah, misalnya membiasakan diri untuk membaca bacaan berbahasa Rusia secara teratur setiap hari, entah itu artikel berita hingga karya sastra.

Tips 2
Pelajarilah beragam sinonim untuk mengekspresikan suatu kata atau kalimat. Dengan memperkaya pengetahuan kosakata dan konstruksi tuturan maka bisa menghindarkan kita dari mengulang kata atau kalimat yang tidak perlu. Jaga juga tuturan kita dari "слова-паразиты" (kata-kata parasit), atau kata-kata yang tidak perlu.

Tips 3
Ada kalanya kita sering mendengar suatu kata, tapi kita belum memahami makna aslinya. Maka dari itu, perluas kemampuan "lumbung kosakata" kita dengan terus mempelajari kosakata baru setiap hari agar tidak terjebak dalam kesalahan penggunaan kata yang belum kita pahami maknanya.

Tips 4
Berlatihlah berbicara lebih sering, termasuk cara berbicara di depan publik. Pelajari juga cara berbicara penyiar TV atau radio Rusia, pelajari intonasi yang benar, pelafalan bunyi setiap katanya, bagaimana mereka menggunakan jeda dan ritme saat sedang berbicara. Catat juga kosakata atau frasa baru yang kita dengar.

Tips 5
Bergabunglah dengan komunitas, di mana kalian bisa berdiskusi, berbagi bahan untuk belajar dan berlatih bahasa Rusia bersama. Carilah topik-topik menarik untuk diskusi, sehingga dapat tercipta obrolan yang menarik. Ceritakanlah kesan kalian terhadap buku atau film Rusia yang baru kalian baca atau tonton.

Tips 6
Sebelum berbicara, usahakan untuk merencanakan dahulu apa yang ingin dikatakan, meski rencana tersebut hanya sebatas di dalam pikiran. Dengan strategi perencanaan ini, maka kita akan terhindar dari jeda bicara yang tidak diperlukan dan tidak akan susah payah dalam memilih kata atau frasa yang tepat.

Tips 7
Berlatihlah secara mandiri dengan metode "разговор ни о чём" (pembicaraan yang bukan tentang apa-apa). Caranya yaitu dengan menjelaskan fenomena atau objek tertentu secara rinci selama 5 menit tanpa henti. Ulang metode ini pada objek lainnya. Metode ini bisa membantu kita mengembangkan kemampuan berbicara dengan topik apapun.

Tips 8
Pahamilah bahwa pengetahuan tentang banyaknya kosakata belum tentu menyelamatkan kita dalam percakapan bahasa Rusia sesungguhnya. Kita harus terus menyempurnakan latihan kita untuk bisa berbicara dengan lancar. Cobalah berlatih bicara di depan cermin, ceritakan apa yang sudah dilakukan dan apa saja yang akan dilakukan.

Apakah kalian punya tips lain yang bisa meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Rusia? Ayo berbagi! Tulis tips dari kalian di bawah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]