Institut Pushkin Kenalkan Kamus Pintar "Rossiya"

Tampilan laman utama kamus pintar "Rossiya"
Kamus ini tak hanya berbentuk seperti kamus bahasa, tapi juga menjadi semacam ensiklopedia pengetahuan umum tentang Rusia yang dilengkapi dengan konten multimedia (teks verbal, gambar, foto, rekaman audio, fragmen video, panorama, karaoke, hingga kuliah dalam bentuk video).

Institut Pushkin belum lama ini mengenalkan proyek situs yang inovatif berupa kamus pintar multimedia "Rossiya".  Dalam webinar (seminar yang dilangsungkan secara daring lewat situs tertentu) yang berlangsung pada 11 Januari 2018 lalu, Yevgeniya Rostova selaku pembicara dari Institut Pushkin menjelaskan kegunaan kamus "Rossiya" ini. Ia menekankan bahwa dalam mempelajari bahasa Rusia, pemahaman budaya Rusia sama pentingnya dengan memahami tata bahasa, sehingga diperlukan kamus yang tak hanya menjelaskan makna suatu kata, tapi juga kamus yang memuat penjelasan yang berkaitan dengan seni, sejarah, dan budaya Rusia secara umum.

Kamus "Rossiya" bisa menjadi sumber yang menarik bagi mereka yang ingin mengetahui lebih banyak tentang bahasa dan budaya Rusia. Dalam kamus daring ini terdapat latihan interaktif yang bisa dicoba oleh pengunjungnya untuk menguji wawasan dari yang telah mereka pelajari. Hal-hal inilah yang membedakannya dengan kamus elektronik lainnya.

Tujuan dibuatnya kamus ini adalah untuk membantu para pemelajar bahasa Rusia dalam menguasai kosa kata dan ungkapan yang memiliki komponen semantik dan unsur budaya nasional Rusia. Kamus ini juga sangat berguna bagi pengajar bahasa Rusia untuk penutur asing serta pemelajar bahasa Rusia yang setidaknya telah memasuki tingkat A1.

Hasil tampilan pencarian dengan kata kunci "новый год" (tahun baru)

Kamus ini tak hanya menampilkan makna kata atau frasa saja, namun juga menampilkan penjelasannya
secara umum, kaitannya dengan budaya Rusia serta penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
Contoh laman interaktif untuk menguji kemampuan berbahasa setelah pengguna
membaca materi dari hasil pencarian kata kunci yang ditampilkan sebelumnya.
Proyek kamus ini telah dikerjakan sejak tahun 2014 dan pada tahun 2018 ini akan segera dibuat korpus utama kamus ini. Hingga kini kamus ini masih terus mengalami pembaruan secara teratur, khususnya dalam hal kelengkapan materi yang menampilkan interaksi antara bahasa dan budaya Rusia.

Kamus ini kini bisa diakses secara gratis tak hanya oleh pengguna komputer, namun juga bisa diakses secara nyaman oleh pengguna tablet dan ponsel pintar. Para kontributor kamus juga memberikan kesempatan bagi pengguna untuk ambil bagian dalam mengevaluasi artikel-artikel yang tersedia di dalam kamus ini serta untuk memberikan saran materi dan laman uji interaktif yang menarik agar kamus ini bisa menjadi lebih baik lagi.

Untuk mengakses kamus pintar "Rossiya" ini, silakan kunjungi di tautan: https://ls.pushkininstitute.ru/lsslovar/index.php





Sumber:

0 Komentar:

Posting Komentar