Fakta-Fakta Menarik Seputar Bahasa Rusia

Bahasa Rusia adalah bahasa yang besar dan kaya. Bahasa Rusia telah berkembang secara berabad-abad dan penuturnya saat ini lebih dari 270 juta orang. Apa sih yang menarik dengan bahasa Rusia? Berikut beberapa fakta menarik tentang bahasa Rusia:

  • Bahasa Rusia memiliki sekitar 500.000 kata, namun hanya sekitar 2.000 hingga 2.500 kata saja yang sering digunakan dalam komunikasi di kehidupan sehari-hari. 100 kata yang paling sering digunakan, berkontribusi dalam sekitar 20% penyusunan bahasa lisan maupun tulis. Orang Rusia yang telah lulus Sekolah Menengah, umumnya menguasai sekitar 1.500 hingga 4.000 kata. Adapun mereka yang telah lulus dari perguruan tinggi, umumnya memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik dengan menguasai sekitar 8.000 kata.
  • Bahasa Rusia wajib dipelajari oleh semua astronot yang bekerja di Stasiun Luar Angkasa, dengan kata lain bahasa Rusia bisa dibilang menjadi semacam "bahasa internasional luar angkasa".
  • Kata "неделя" dalam bahasa Rusia yang berarti 'minggu' sebenarnya memiliki makna 'tidak melakukan apa-apa' atau bisa juga bermakna 'hari untuk istirahat'.
  • Satu-satunya kata sifat dalam bahasa Rusia yang terbentuk dengan satu suku kata adalah "злой" (marah).
  • Dalam bahasa Rusia kuno, terdapat aturan bahwa kata bahasa Rusia tidak dimulai dengan huruf "a" sehingga kebanyakan kosa kata bahasa Rusia yang berawalan huruf "a" merupakan pinjaman dari bahasa lain. Contoh: "азбука" (awalan penyebutan alfabet kuno bahasa Rusia), "аз" ('saya' dalam bahasa Rusia kuno yang kini masih digunakan dalam bahasa Bulgaria) dan "авось" (mungkin, barangkali).
  • Seperti juga kata dengan awalan huruf "a", dalam bahasa Rusia, kosa kata yang diawali dengan huruf "ф" umumnya merupakan pinjaman dari bahasa lain. Bahkan Aleksandr Pushkin, seorang sastrawan besar Rusia, begitu bangga ketika hanya menggunakan satu huruf "ф" dalam karyanya yang berjudul "Сказка о царе Салтане" (Kisah tentang Tsar Saltan), yakni pada kata "флот" (armada kapal).
  • Kata "зАмок" (kastil) dan "замОк" (kunci) adalah salah satu bentuk homonim dalam bahasa Rusia, yang terbentuk bukan karena kebetulan. Kata-kata tersebut berasal dari bahasa Jerman yang diserap ke dalam bahasa Rusia melalui bahasa Ceko dan Polandia. Dalam bahasa Jerman, dua kata tersebut diterjemahkan sebagai "Schloß". Dua kata tersebut menjadi homonim karena makna "kastil" secara geografis memiliki sifat "mengunci", sehingga area di dalam kastil akan aman dari pasukan musuh yang menyerang.
  • Dalam bahasa Rusia sebenarnya terdapat 74 kata yang diawali dengan huruf "Й". Namun kata-kata yang paling diingat oleh kebanyakan orang Rusia, khususnya ketika menghadapi pertanyaan 'kata apa yang diawali dengan huruf "Й"'?, biasanya jawaban pertamanya adalah: "йод" (iodium) atau "йога" (yoga).
  • Dalam bahasa Rusia ada beberapa kata yang diawali dengan huruf "Ы"--yang mana hampir tidak pernah digunakan di awal kata. Kata-kata tersebut terdiri atas nama-nama sungai dan kota di Rusia: Ыгыатта, Ыллымах, Ынахсыт, Ыныкчанский, Ытык-кюёль.
  • Vladimir Dal, seorang leksikografer dan ahli bahasa Rusia, pernah mengajukan istilah bahasa Rusia untuk menggantikan kata "атмосфер" (atmosfer) yang merupakan serapan dari bahasa asing dengan kata "колоземица" (lingkar bumi) atau "мироколица" (cincin bumi).
  • Dalam buku rekor Guiness tahun 1993, kata terpanjang yang tercatat dalam bahasa Rusia adalah "рентгеноэлектрокардиографического". Adapun pada buku rekor Guiness versi tahun 2003 yang tercatat adalah "превысокомногорассмотрительствующий".

0 Komentar:

Posting Komentar