Fakta-Fakta Menarik Seputar Negara Rusia


Rusia terletak di Eurasia (gabungan dari dua benua: Eropa dan Asia) yang menjadi salah satu negara paling terkenal di dunia. Bahasa Rusia adalah bahasa resmi negara ini, namun masih ada 27 bahasa daerah yang digunakan oleh beragam suku bangsa yang hidup menyebar di seantero Rusia. Mungkin sebagian kita sudah tahu di mana letak Rusia dalam peta. Namun ada beberapa hal menarik yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang negara Rusia.

Negara Terluas di Dunia
Rusia merupakan negara terbesar dilihat dari luas wilayahnya. Total wilayahnya mencapai 17.075.400 kilometer persegi atau sepersembilan wilayah daratan di bumi.

Rusia, Eropa atau Asia?
Negara-negara di seluruh dunia mengkategorikan Rusia sebagai negara Eropa. Faktanya, 2/3 wilayah Rusia terletak di benua Asia.

Rel Kereta Terpanjang di Dunia
Di Rusia terdapat rel kereta api terpanjang di dunia yang disebut sebagai "Jalur Trans-Siberia". Jalur ini terbentang sepanjang 9.200 kilometer, dari kota Moskwa di barat yang termasuk Rusia bagian Eropa, hingga ke kota Vladivostok di timur yang termasuk Rusia bagian Asia. Untuk menempuh seluruh jalur ini, dibutuhkan waktu 152 jam 27 menit non-stop!

Transportasi Tercepat
Kota Moskwa terkenal sebagai kota yang serba cepat dan memiliki sistem transportasi metro/kereta bawah tanah tercepat di dunia. Interval perjalanan rangkaian kereta metro antar stasiun hanya 1,5 menit. Namun pada jam-jam sibuk, jadwal rangkaian kereta bisa mencapai 90 detik sekali. Diperkirakan ada 9 juta pengguna metro setiap harinya. Fakta menarik lainnya, Metro yang ada di kota St. Peterburg diklaim sebagai metro paling dalam di dunia, dengan kedalaman mencapai 100 meter. Selain sebagai sarana transportasi, stasiun metro juga menjadi tempat teraman dalam menghadapi serangan udara pada saat Perang Dunia II.

Venesia vs. St. Peterburg
Kota Venesia di Italia terkenal dengan sebutan "Kota jembatan" karena memiliki banyak jembatan di sungai-sungainya. Pada kenyataannya, kota St. Peterburg memiliki jembatan dengan tiga kali lebih banyak dari pada kota Venesia. Di Rusia sendiri, kota St. Peterburg terkenal dengan sebutan "Северная Венеция" atau "Venesia dari Utara".

Museum Terbesar di Dunia
Rusia adalah negeri dengan ribuan museum. Salah satu museumnya yang paling terkenal adalah museum "Ermitazh" yang menjadi museum terbesar dan terluas di dunia dengan jumlah koleksi sebanyak tiga juta koleksi! Untuk melihat seluruh koleksi yang ada di museum ini dengan durasi minimal satu menit untuk setiap koleksinya, maka waktu dibutuhkan adalah sekitar 25 tahun. Uniknya, museum ini tidak hanya memperkerjakan manusia sebagai staf museumnya, tapi juga memperkerjakan kucing sebagai staf--yang memiliki paspor dan foto!--yang bertugas untuk menangkap tikus agar tidak merusak koleksi museum.

Perpustakaan Terbesar di Eropa
Di Rusia juga terdapat perpustakaan terbesar di Eropa, yakni Perpustakaan Umum yang dibangun di kota Moskwa pada tahun 1862.

McDonalds Terbesar di Dunia
Di Rusia, ada istilah "America -- NO, McDonalds -- YES!". Dalam dunia politik, Rusia selalu menjadi rival Amerika Serikat. Namun soal makanan, lain cerita. Di Rusia ada restoran McDonalds terbesar di dunia yang menyediakan 700 buah kursi. Pada tahun 2012, jumlah kursinya pernah tersaingi oleh McDonalds yang dibangun di London yang menyediakan 1500 kursi untuk kegiatan Olimpiade di London, namun lokasi tersebut hanya bertahan enam minggu dan kembali tutup seiring berakhirnya kegiatan Olimpiade.

Salah Satu Negara Penghasil Minyak Terbanyak di Dunia
Pada tahun 2012, Rusia berhasil menjadi negara terbesar kedua penghasil minyak di dunia, dengan produksi rata-rata 9.900.000 barel perhari. Posisi tertinggi saat ini masih ditempati oleh Arab Saudi yang menghasilkan minyak sebanyak 10.900.000 barel perhari.

Wanita vs. Pria
Di Rusia, jumlah wanita lebih banyak sekitar 10 juta jiwa dibandingkan jumlah pria. Ketidakseimbangan ini terhitung sejak Perang Dunia II karena banyak kaum pria yang mati akibat peperangan.

Rumahnya Para Milyarder
Kota Moskwa memiliki paling banyak milyarder dibandingkan dengan kota-kota lain di seluruh dunia. Tercatat ada 74 orang milyarder yang tinggal di Moskwa, dengan selisih tiga orang mengalahkan kota New York yang ada di urutan kedua.

Korupsi di Rusia
Korupsi bukan cuma masalah di Indonesia. Di Rusia, praktik korupsi juga terjadi di banyak tempat. Terutama dalam hal pelayanan umum. Yang seharusnya bisa didapatkan secara gratis, tapi orang-orang tetap memberi uang pelicin. Meski suap bukanlah suatu keharusan, namun penyelesaian masalah bisa menjadi sangat lama tanpa uang pelicin.




0 Komentar:

Posting Komentar