Penemuan-Penemuan Rusia yang Mengubah Dunia

Bangsa Rusia adalah bangsa yang cinta ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejak reformasi yang dilakukan oleh Peter I di abad ke-18, perkembangan iptek di Rusia berjalan begitu pesatnya. Banyak ilmuwan Rusia yang namanya telah mendunia, seperti Mikhail Lomonosov, Dmitry Mendeleyev, hingga Aleksey Tupolev. Kecintaan dan penghormatan bangsa Rusia terhadap setiap penemuan dalam bidang iptek dapat kita lihat dari salah satu puisi karya Aleksandr Pushkin berikut.

О сколько нам открытий чудных
Готовят просвещенья дух
И опыт, сын ошибок трудных,
И гений, парадоксов друг,
....

Oh, betapa ajaibnya penemuan kita
Muncul bersama semangat pencerahan
Dan pengalaman adalah anak dari kesalahan
Dan kejeniusan adalah kawan dari keparadoksan
....

Dalam penemuan-penemuan benda-benda teknologi, bangsa Rusia termasuk yang paling aktif penciptakan penemuan yang sebagian di antaranya memberikan dampak besar dalam kehidupan manusia. Berikut ini adalah lima penemuan ilmuwan Rusia yang mengubah cara hidup manusia di dunia.

Mesin Pemanen Gandum
Rusia adalah negeri yang memiliki daratan sangat luas. Dalam sejarah Rusia, sebagian besar bangsa Rusia--bahkan hingga hari ini--hidup dari pertanian. Melihat begitu banyaknya orang yang bekerja di ladang, maka pada tahun 1868, seorang Rusia dari Tver bernama Andrey Vlasenko, menciptakan mesin pemanen gandum pertama. Pada mulanya, mesin ini masih terbuat dari kayu seluruhnya dan membutuhkan tiga kuda untuk menariknya. Di kemudian hari, Vlasenko mengembangkannya dengan menciptakan dual mesin yang ditarik oleh dua kuda dengan seorang manusia sebagai operatornya.

Sayangnya, meski penemuan ini telah banyak berjasa di ladang-ladang di Rusia sejak penciptaannya, penemuan Vlasenko ini tidak langsung mendunia, sehingga ia dianggap sebagai bapak penemuan mesin pemanen ini. Beberapa dekade kemudian, surat kabar Amerika mewartakan sebuah penemuan yang mirip dengan mesin yang dibuat Vlashenko telah ditemukan di California, Amerika Serikat.

Karet Sintetis
Saat ini, hampir semua jenis kendaraan beroda menggunakan karet sebagai pelengkapnya. Banyak yang belum mengetahui bahwa karet sintetis ditemukan oleh seorang ahli kimia asal Rusia bernama Sergey Lebedev. Spesimen pertama karet sintetis ditemukan pertama kali olehnya pada tahun 1910. Dalam perkembangannya karet sintetis ini banyak digunakan tak hanya untuk ban kendaraan, tapi juga dalam bidang kedokteran dan pengemasan barang.

Perekam Videotape (VTR)



Pada tahun 1950-an, seorang imigran Rusia bernama Aleksandr Poniatov yang saat masih berstatus mahasiswa, memulai perusahaan bernama Ampex di Amerika Serikat. Sepak terjang Ampex begitu kuat dalam mengubah dunia, terutama setelah memproduksi perekam perekam sinyal video yang menguasai pasar perekam tersebut selama lebih dari lima puluh tahun. Banyak perusahaan elektronik dunia yang kemudian menggunakan penemuan Poniatov ini untuk memproduksi perlengkapan video rumahan yang kita gunakan sekarang.

Transformer
Istilah "transformer" ini bukan mengacu pada Optimus Prime lho, tapi alat yang digunakan untuk digunakan pada jaringan listrik tegangan tinggi. Transformer ini ditemukan dan dikembangkan pada tahun 1870-an pertama kali oleh dua ilmuwan Rusia, yakni Pavel Yablochkov, seorang ahli teknik elektro, dan Ivan Usagin, seorang ahli fisika Rusia. Alat ini pertama kali digunakan di Paris, Perancis dan St. Petersburg, Rusia, di mana pada saat itu hubungan kedua negara ini sangat dekat. Namun dalam hal pematenan, seorang ilmuwan Perancis, Lucien Gaulard dan Josiah Willard Gibbs mematenkan penemuan ini pada tahun 1882 sehingga dunia lebih mengenal mereka dibandingkan penemu aslinya.

Helikopter
Penemuan Rusia yang benar-benar asli Rusia dan dunia juga telah mengakuinya adalah helikopter. Pada tahun 1910, Igor Sikorsky menciptakan purwarupa perangkat rotor yang dapat dikemudikan. Penemuannya ini berhasil terbang dari permukaan tanah, meski pada percobaan awal-awal ini baru bisa terangkat sedikit. Namun setelah pecahnya Revolusi pada tahun 1917 di Rusia, Sikorsky harus pindah ke Amerika Serikat. Penemuannya ini semakin berkembang di bawah perusahaannya, Sikorsky Aero Engineering Company.

Pada bulan September 1939, dibuat desain helikopter modern untuk pertama kalinya. Desain tersebut hingga saat ini masih menjadi desain dasar untuk pembuatan helikopter manapun di dunia.

Beberapa penemuan lainnya yang ditemukan oleh ilmuwan Rusia di antaranya adalah televisi, yoghurt, sel surya, radio dan kereta listrik.


Bahan Bacaan

0 Komentar:

Posting Komentar