Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Rusia bukanlah negara yang gagap di dunia perfilman. Bangsa Rusia telah mengenal film sejak masa Kekaisaran Rusia pada akhir abad 19. Pusat pembuatan film berkembang di Sankt-Peterburg, Moskwa, Kiev, Odessa, dan kota-kota besar lainnya di wilayah Kekaisaran Rusia. Salah satu adikarya film di masa itu adalah "Оборона Севастополя" (Pertahanan Sevastopol) yang menggambarkan peperangan di Krimea antara pasukan Rusia yang mempertahankan kota Sevastopol melawan serangan dari persekutuan militer Turki-Perancis-Inggris-Sardinia. Selain sinema, Rusia juga telah mengenal pembuatan animasi di awal abad XX yang kemudian menjadi semakin berkembang di masa Soviet.

Poster Soviet karya Yelizaveta Andreyevna Lavinskaya bertuliskan kata-kata Lenin tentang film.
 
Setelah Revolusi Oktober, industri perfilman di Rusia memasuki masa keemasan karena mendapat dukungan penuh dari pemerintah Soviet. Vladimir Lenin, sang pemimpin revolusi bahkan sampai mengatakan: "Из всех искусств, по моему, самое важное это кино!" (Dari segala jenis seni, menurut saya yang paling penting adalah film!). Tentu hal ini bukan tanpa alasan mengingat film di masa Soviet juga berfungsi sebagai alat propaganda ideologi negara. Mengapa demikian? Karena di masa itu tidak semua orang bisa membaca, terutama mereka yang sebelumnya bekerja sebagai petani dan buruh biasa. Namun dengan film, mereka bisa melihat dan memahami langsung informasi melalui gambar yang bergerak. Di awal masa Soviet muncul sutradara-sutradara jenius, seperti Dziga Vertov dan Sergey Eisenstein yang karya-karyanya menjadi rujukan bagi sutradara lain di seluruh dunia. Adapun setelah masa pemerintahan Stalin, muncul nama-nama sutradara terkenal seperti Andrey Tarkovsky dan Sergey Bondarchuk. Nama-nama seperti Eldar Ryazanov, Leonid Gaidar dan Yury Nikulin sebagai aktor-aktor komedi terbaik juga sangat populer di masa itu.

Kejatuhan ekonomi Soviet yang berujung pada disintegrasi di awal tahun 90-an tentunya mempengaruhi produksi perfilman di Rusia. Sambil terseok-seok, industri-industri film di Rusia mencoba bertahan. Menariknya, beberapa film yang dibuat di masa sulit ini muncul sebagai adikarya perfilman Rusia yang masih ditonton dan dijadikan bahan diskusi hingga saat ini. Katakanlah film "Вор" (Pencuri) karya Pavel Chukray serta "Брат" (Saudara) dan "Про уродов и людей" (Tentang Si Buruk Rupa dan Orang-Orang) karya Aleksey Balabanov. Memasuki tahun 2000-an serial-serial Rusia mulai mendapat tempat di hati dari penontonnya. Sedangkan dari tahun 2003 mulai muncul tren pembuatan animasi-animasi. Tidak heran jika di tahun-tahun selanjutnya muncul animasi-animasi populer seperti "Смешарики", "Маша и медведь", "Фиксики" dan "Гора самоцветов".

Masha dan si Beruang, animasi Rusia yang telah mendunia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]