Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 

Kemampuan pelafalan bahasa Rusia biasanya dipengaruhi atas empat elemen penting, yaitu pemahaman artikulasi yang benar, penekanan bacaan (udarenie), pemahaman aturan pelafalan dan perubahan bunyi, serta intonasi. Apa saja yang harus dilakukan untuk menguasai elemen-elemen tersebut?

Yang pertama harus dilakukan adalah memahami dan melatih penggunaan artikulasi yang benar. Artikulasi adalah posisi dan pergerakan organ-organ bicara. Kejelasan pengucapan secara langsung bergantung pada artikulasi yang benar. Posisi organ artikulasi saat berbicara dalam setiap bahasa tentunya berbeda-beda. Lidah kita yang terbiasa berbicara bahasa Indonesia harus membiasakan diri untuk memposisikan lidah dan bibir dengan benar saat mengucapkan bunyi dan kata tertentu dalam bahasa Rusia.

Yang kedua adalah memahami tekanan baca. Tekanan baca--atau "udarenie" dalam bahasa Rusia--memiliki posisi penting, karena kesalahan udarenie bisa mengubah arti dan menyebabkan kesalahpahaman. Sering-seringlah melihat kamus untuk memastikan letak tekanan baca dalam suatu kata.

Yang ketiga, memahami aturan pelafalan dan perubahan bunyi bahasa Rusia. Pelajari mengenai bunyi lunak dan bunyi keras, vokal apa saja yang memiliki perubahan jika berada tidak pada posisi tekanan baca, konsonan apa saja yang memiliki perubahan bunyi jika berada di akhir kata, dst.

Yang keempat, pelajari intonasi dalam bahasa Rusia. Pelajari bagaimana perbedaan intonasi untuk pernyataan dan pertanyaan, bagaimana saat terkejut dan bingung, saat memberi pujian atau sarkasme. Penggunaan intonasi yang benar akan membantu pelafalan yang benar, sehingga tuturan kita akan bisa dipahami oleh lawan bicara kita. Kita bisa mempelajari intonasi dengan sering-sering mendengar tuturan penutur asli. Bisa dengan mendengarkan rekaman audio, menonton video yang memuat berbagai topik, sambil mengulangi frasa yang diucapkan pembicara sebelumnya.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyempurnakan kemampuan pelafalan bahasa Rusia kita.

1. Gunakan buku yang tepat dan dibuat khusus melatih kemampuan berbicara bahasa Rusia. Buku yang dimaksud bisa berupa buku yang bersifat membantu penyempurnaan pelafalan hingga untuk komunikasi lisan. Buku yang direkomendasikan untuk digunakan misalnya "Корректировочный курс фонетики русского языка" karya N.B. Karavanova; "Говорите по-русски" karya S. Khavronina; "По-русски – легко! Учебное пособие по развитию речи" karya E. Guskova; dan "Вперед! Пособие по русской разговорной речи" karya O. Golovko.

2. Tingkatkan kemampuan menyimak. Pelafalan berkaitan juga dengan simakan. Di antara kesalahan yang muncul dari pelafalan orang yang sedang mempelajari bahasa asing adalah karena kurangnya keterampilan mereka dalam menyimak tuturan. Tapi semakin kita mendengar tuturan bahasa Rusia, maka akan semakin jelas bagi kita untuk membedakan bunyi tuturan. Luangkan selalu setiap hari untuk melatih kemampuan kita dalam menyimak tuturan bahasa Rusia. 10-15 menit setiap hari tapi konsisten itu lebih baik daripada berlatih berjam-jam tapi tidak konsisten.

3. Membaca dengan keras. Membaca merupakan aktivitas yang menggabungkan antara kesenangan dan kebutuhan kita dalam mempelajari bahasa asing. Kita bisa melatih pelafalan kita dengan membaca buku atau teks dengan suara keras. Yang terpenting adalah kita gunakan pengetahuan teoretis yang telah kita pelajari sebelumnya saat praktik membaca. Luangkan waktu untuk terus membaca setiap hari dan sebisa mungkin usahakan untuk mengucapkan setiap kata dengan jelas dan benar. Jika menemukan kata-kata yang sulit, kita bisa mengulangi beberapa kali sampai bisa melafalkannya dengan benar.

4. Latih lidah dengan pembelit lidah. Pembelit lidah (скороговоркa) atau tongue twister akan sangat membantu untuk melatih lidah kita untuk mengucapkan bunyi-bunyi yang sulit dilafalkan dalam bahasa Rusia. Misalnya pembelit lidah "Шла Саша по шоссе и сосала сушку" dapat melatih kita membedakan bunyi [с] dan [ш], sedangkan "Карл у Клары украл кораллы, а Клара у Карла украла кларнет" dapat melatih kita membedakan bunyi [р] dan [л].

5. Tiru ucapan penutur asli. Kita bisa mencari terlebih dahulu audio atau video yang menarik untuk kita gunakan berlatih. Kemudian kita tiru setiap hal kecil yang kita temui, mulai dari gaya bicara, intonasi, jeda hingga aksennya. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin akan terasa aneh dan tidak wajar di telinga, tapi ini adalah cara termudah untuk mencapai pelafalan bahasa Rusia yang benar.

6. Gunakan aplikasi ponsel untuk melatih pelafalan. Aplikasi belajar bahasa yang populer seperti Duolingo juga bisa kita gunakan dengan tujuan melatih pelafalan kita, karena di aplikasi tersebut terdapat bagian untuk menguji pelafalan kita. Kita juga bisa menyimak dan mengecek pelafalan kita menggunakan situs seperti Google Translate, Forvo, Wiktionary dan Voicenotebook.

7. Pelajari fonetik dan fonologi bahasa Rusia. Hal ini sebenarnya bukanlah keharusan, karena seseorang bisa saja berbicara bahasa Rusia dengan pelafalan yang baik tanpa memiliki pengetahuan tentang fonetik dan fonologi bahasa Rusia. Namun jika tertarik untuk mempelajarinya, maka hal ini akan sangat membantu memahami tentang bagaimana ragam dan perubahan bunyi dalam bahasa Rusia.

8. Bersabar. Mempelajari bahasa perlu waktu, ketekunan dan kesabaran. Keinginan agar bisa berbicara dengan cepat dan terdengar keren itu bisa dipahami, tapi berbicara dengan benar tentunya jauh lebih penting.

9. Berlatih setiap hari. Semakin sering kita berlatih, semakin baik pula pelafalan dan kemampuan berbicara kita. Jangan takut untuk melakukan kesalahan. Terus berlatih untuk berbicara dan melafalkan kata-kata dengan benar.

10. Cari lawan bicara atau mentor. Orang yang tidak berpengalaman tidak dapat langsung menemukan kesalahan pengucapan setelah mendengarkan rekaman suaranya. Itulah kita memerlukan teman bicara yang juga berperan sebagai mentor untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan yang kita lakukan. Mentor yang dimaksud bisa dari teman atau kenalan yang merupakan penutur Rusia asli, pengajar bahasa Rusia atau pemelajar bahasa Rusia lainnya. Setiap teman bicara kita menemukan kesalahan dari tuturan kita, maka kita bisa segera memperbaiki kesalahan tersebut. Mengikuti program belajar bahasa Rusia secara terstruktur juga merupakan pilihan yang baik, karena pengajar bahasa Rusia tidak hanya membantu menemukan dan memperbaiki kesalahan yang kita buat, tapi juga memberikan materi pelajaran dan latihan efektif yang bisa meningkatkan kemampuan kita dalam berbicara bahasa Rusia dalam waktu singkat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]