Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Menonton film Rusia bukanlah merupakan kegiatan hiburan semata, melainkan juga bagian dari upaya kita mempelajari bahasa dan kebudayaan Rusia. Melalui film kita dapat melatih kemampuan simakan kita saat mendengar dan memahami konteks yang ditampilkan di dalamnya. Kita juga bisa menemukan hal-hal yang tak kita temukan di materi pelajaran pada umumnya, seperti kata-kata slang, istilah atau jargon komunikasi tertentu, serta unsur-unsur ekstrinsik seperti sejarah, budaya dan teknologi Rusia.

Namun bagi sebagian kawan-kawan pencinta Rusia mungkin masih bingung untuk mencari tempat menonton film-film Rusia. Terlebih lagi bagi film-film Rusia dengan subtitle bahasa Inggris maupun bahasa Rusia, tentunya akan sangat dicari sebagai bahan belajar bagi pemelajar bahasa Rusia tingkat pemula dan tingkat menengah. Dalam tulisan ini kami akan merekomendasikan situs-situs serta kanal Youtube favorit untuk menonton film-film Rusia.

 Наше старое кино. Советские телевизионные фильмы


Russian Film Hub

Russian Film Hub adalah semacam ensiklopedia internet berisi informasi tentang sinema Rusia dan Soviet. Di situs ini kita bisa menemukan dan menonton ratusan film Rusia dan Soviet dengan subtitle dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya. Situs buatan Richard Wess ini dirancang agar ramah pengunjung yang belum mahir belajar bahasa Rusia, sehingga tetap dapat menikmati film Rusia.

Situs Russian Film Hub memiliki sekitar 500 judul, disusun berdasarkan popularitas, genre, tahun, negara, teks terjemahan bahasa tertentu, serta pemeran filmnya. Sebagian besar dari koleksi di situs ini dapat secara gratis untuk ditonton, sebab tautan videonyanya mengarah ke YouTube, Prime Video, dan Tubi. Beberapa film yang tersedia bisa kita sewa atau beli.

Katalog film di situs benar-benar lengkap, mulai dari film-film awal karya Dziga Vertov dan Sergey Eisenstein hingga film komedi blockbuster Soviet karya Leonid Gaiday dan Eldar Ryazanov, sampai film-film perang Rusia kontemporer.

Akses situs ini melalui: https://russianfilmhub.com

MotherRussia.Net  

Situs MotherRussia.Net merupakan proyek edukasi dan budaya karya Anton Dudochkin. Dengan misi membantu oran-orang yang ingin mempelajari apapun tentang Rusia, di dalamnya terdapat banyak publikasi artikel tentang budaya Rusia, tips-tips bagi wisatawan, resep-resep makanan khas Rusia, hingga film-film Soviet dan Rusia yang bisa kita tonton.

Di situs MotherRusia.Net kita juga bisa menggunakan sistem pencarian film berdasarkan genre dan tahun rilisnya. Kita bisa temukan film-film Rusia yang umumnya bisa kita tonton secara gratis karena sebagian filmnya diarahkan ke Youtube. Adapun untuk beberapa film yang diarahkan ke situs sovietmovieonline, maka untuk menontonnya kita harus berlangganan terlebih dahulu di situs tersebut, dengan tawaran harga langganan yang bervariatif, mulai dari 5$ perhari, 15$ perminggu, 30$ perbulan hingga 100$ untuk akses tanpa batas.

Akses situs ini melalui: http://motherrussia.net/watch


Kanal "Мосфильм" di Youtube

Kanal ini menyediakan film-film menarik produksi Mosfilm yang bisa ditonton secara gratis. Pada umumnya film-film yang disediakan di sini sudah bisa kita tonton dengan subtitle bahasa Inggris dan bahasa Rusia.

Film-film Soviet terkenal seperti "Бриллиантовая рука", "Иван Васильевич меняет профессию", dan "Кавказская пленница, или Новые приключения Шурика" juga merupakan produksi Mosfilm dan bisa dinikmati di kanal tersebut.  

Akses kanal ini melalui: https://www.youtube.com/c/MosfilmRuOfficial
 

Kanal "Star Media" di Youtube

Grup perusahaan Star Media adalah salah satu dari yang terdepan dalam hal distribusi film-film kontemporer berkualitas tinggi. Umumnya genre-genre film dan serial yang menjadi favorit penonton adalah perang, sejarah, melodrama, komedi dan detektif. Kebanyakan di antaranya telah dilengkapi subtitle bahasa Rusia, dan sebagian lagi sudah dilengkapi subtitle bahasa Inggris. Selain film serial, kita juga bisa menonton dokumenter, drama hingga telenovela di kanal Youtube ini secara gratis.

Akses kanal ini melalui: https://www.youtube.com/starmedia

Kanal "НТВ" di Youtube

НТВ (dibac: NTV) adalah salah satu kanal televisi Rusia yang cukup banyak memproduksi serial-serial televisi. Di kanal Youtube НТВ, khususnya di bagian playlist, kita bisa menemukan film-film dan serial terbaru Rusia yang pernah ditayangkan НТВ di televisi. Sebagian di antaranya sudah disediakan subtitle bahasa Rusia sehingga memudahkan kita untuk memahaminya.

Akses kanal ini melalui: https://www.youtube.com/c/ntvru/featured

Kanal "RVISION: Советские фильмы" di Youtube

Kanal ini merupakan kanal yang menyediakan sejumlah besar film-film Rusia dari studio film terbesar dan tertua di Rusia, yaitu Gorky Film Studio. Studio ini menjadi pemegang hak terbesar di Rusia untuk kebanyakan film-film dan kartun terbaik Rusia.

Sayangnya kebanyakan film yang ditampilkan di kanal ini masih menggunakan auto-generate subtitle, sehingga akan sulit dinikmati oleh pemula. Namun bagi penikmat film-film klasik zaman Uni Soviet, kita bisa temukan koleksi emas (Золотая колекция) film-film Soviet di kanal ini. Penonton bisa bernostalgia berjam-jam menikmati karya-karya film favorit yang khas dengan citra masa lalu, karakter-karakter yang hidup dan alur cerita yang kuat.

Akses kanal ini melalui: https://www.youtube.com/user/RVisionGorky/featured

Apakah kalian juga punya rekomendasi situs atau kanal Youtube untuk menonton film-film Rusia? Ayo berbagi! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]