Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Rusia merupakan salah satu negara yang cukup serius melakukan inovasi dan pengembangan teknologi di berbagai bidang. Di saat penggunaan teknologi dan informasi di negara-negara Eropa lainnya masih bertahan dengan sistem yang konservatif, Rusia secara bertahap terus melakukan proses digitalisasi dan menerapkan teknologi yang lebih terintegrasi demi memenuhi kebutuhan bisnis dan kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Teknologi di bidang apa saja di Rusia yang telah lebih maju dari pada negara-negara lainnya di dunia?


Internet Banking

Sektor perbankan di kebanyakan negara di dunia masih dilakukan dengan sangat konservatif, termasuk di bidang regulasinya. Dibandingkan dengan Eropa dan Amerika Serikat, fintech di Rusia berkembang dengan pesat.

Dalam hal kecepatan integrasi inovasi teknologi, Rusia jauh berada di depan Amerika Serikat dan negara-negara Eropa lainnya. Fintech Rusia mengikuti tren teknologi global, khususnya soal identifikasi biometrik, pembukaan rekening jarak jauh, transaksi dan pemberitahuan secara real time, hingga aplikasi untuk pinjaman online. Di kebanyakan negara Eropa lainnya, untuk melakukan pembayaran atau pembelian dengan smartphone terkadang pengguna masih merasa kebingungan. Di Amerika Serikat, masih ada pergeseran dari kartu strip magnetik ke kartu PIN berbasis chip yang lebih aman. Chip tersebut sebenarnya telah digunakan di Eropa selama lebih dari 10 tahun.


Sebagian besar bank Eropa enggan berinvestasi dalam teknologi digital. Pada tahun 2014, investasinya diberikan untuk 90% pelaku pasar, sedangkan biaya untuk digitalisasi kurang dari 0,5% dari semua biaya. Pada saat yang sama, penelitian menunjukkan bahwa 57% pelanggan lebih suka membuka akun online, tetapi hanya tiga dari lima orang yang berhasil melakukannya. Hanya 8% aplikasi pembukaan akun yang berhasil diproses di perangkat seluler dari awal hingga akhir, tanpa harus mengunjungi kantor cabang. Sebagai perbandingan, di Rusia sekarang ini hampir semua operasi perbankan rutin dapat dilakukan secara online, baik dilakukan secara mandiri atau dengan bantuan layanan pelanggan.


Layanan Servis Kendaraan

Minat pada proyek online di bidang suku cadang mobil dan layanan mobil tumbuh dengan pesat di Rusia. Startup Rusia yang telah sukses sebelumnya di industri perbankan seluler, iklan baris, dan traveling dijadikan acuan dalam menerapkan model dan teknologi serupa dalam bisnis otomotif.


Saat ini, pemilik mobil di Rusia telah dapat langsung mengetahui biaya perbaikan secara real time dari bengkel mobil. Hal ini dapat dicapai melalui integrasi perhitungan biaya kerja dari pusat teknis otomotif dan barang-barang yang diperlukan untuk memperbaiki suku cadang dari pihak pemasok atau grosir. Bukan itu saja, pelanggan bengkel di Rusia juga telah dapat memilih suku cadang secara online, tergantung pada kendaraan dan layanan yang dipilih, bahkan bisa memilih tidak hanya suku cadang asli, tetapi juga pilihan suku cadang berkualitas lainnya.


Layanan Sewa Mobil "Car-Sharing"

Layanan car-sharing di Rusia secara teknologi lebih maju daripada layanan serupa di negara-negara lainnya di dunia. Undang-undang privasi yang dibuat membuat penggunanya lebih mudah menggunakan layanan tersebut. Di negara-negara Eropa lainnya ada banyak batasan dan peraturan yang dapat memperlambat pengembangannya.


Car-sharing di Rusia sebenarnya masih relatif baru. Layanan sewa mobil jangka pendek pertama kali muncul pada awal 2000-an di Milan dan Tokyo. Layanan car-sharing pertama di Rusia baru diluncurkan pada 2012. Namun perkembangannya cukup cepat setelah melewati fase paling dinamis pada 2015 dengan melibatkan spesialis TI dan operator yang berkualitas.


Rekrutmen Karyawan

Rusia saat ini telah mengenal teknologi robotisasi perekrutan karyawan, sejak mereka mengubah sistem perekrutan manual ke sistem algoritme. Saat ini Rusia bahkan mendapat permintaan besar terhadap teknologi yang memungkinkan perusahaan dapat mempercepat perekrutan, meningkatkan konversi, dan mengurangi waktu untuk membuat keputusan tentang kandidat yang akan menjadi karyawannya. Hal ini di satu sisi memberikan keuntungan bisnis dalam persaingan untuk mendapatkan karyawan terbaik.


Algoritma berdasarkan logika bisnis perusahaan dapat membantu menemukan kandidat karyawan baru di jejaring sosial dan situs pekerjaan, berinteraksi dengan mereka, dan membantu pihak perekrut dalam membuat keputusan. Dalam beberapa tahun, sistem pendukung keputusan seperti ini akan semakin berkembang, sebab sistem dapat langsung memperhitungkan ribuan faktor untuk setiap calon karyawan potensial.



Sumber bacaan:
Дмитрий Смирнов. Какие технологии в России лучше, чем за рубежом. Мнения экспертов.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]