Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Renda Yelets dari Rusia. Foto: Ulyana Sergeenko.

Renda Yelets adalah kerajinan terkenal Rusia, berasal dari renda yang ditenun dengan benang gelendong warna coklat, putih, kekuningan, hitam atau abu-abu. Kota Yelets di wilayah Lipetsk adalah pusat kerajinan tangan itu, di mana pembuatan renda muncul di sana pada akhir abad ke-18, dan pada abad ke-19 Yelets sudah memimpin dalam produksi renda di Rusia. Pengrajin wanita dari kota Yelets menenun renda, syal, dan kerah yang terukur.

Renda Yelets memiliki kekhasan karena kehalusan, keanggunan, dan kontrasnya yang harmonis dari pola bunga dan geometris dengan latar belakang kerawang yang halus. Polanya didasarkan pada rantai bentuk seperti berlian dengan berbagai isian (bunga, serangga, dll.)

Renda tradisional Yelets tua memiliki gaya yang unik karena teknik menenun kembarnya. Penduduk lokal menguasai kerajinan renda pada awal abad ke-19 di pabrik swasta milik Protasova di Yeletsk.

Sejak pertengahan abad ke-19 kerajinan ini telah menyebar ke berbagai pemukiman dan desa sekitar dan cakupannya terus meluas hingga akhir abad ke-19. Banyak kerudung segitiga sutra hitam yang modis pada waktu itu.

Sebuah asosiasi pembuat renda berdiri sejak tahun 1921, dan Serikat Pembuat Renda Yelets didirikan pada tahun 1930. Selama Perang Patriotik Raya, kerajinan tangan Yelets berhenti karena pendudukan militer dan harus menjalani masa pemulihan yang sulit.

Pada tahun 1960 didirikannya Yelets Enterprise of Artware (seniman P.G. Petrova dan V.I. Grigorieva). Asosiasi dari produksi kerajinan renda Yeletsk saat ini terletak di Pemukiman Pishchulino di Distrik Yeletsk.

Renda Yeletsk lebih halus dan lebih ringan daripada renda Vologda. Tenunan polos renda Yeletski memiliki kepadatan yang bervariasi, lebar dan sering kali beralih ke kisi kerawang. Kombinasi kepadatan tenun yang berbeda dalam elemen yang sama menciptakan efek permainan cahaya-bayangan dan bentuk relief.

Sepotong besar renda khas Yelets untuk komposisi area tengah yang terdiri dari elemen terpisah, berbentuk mawar atau bentuk persegi, yang, diulang secara berirama, sesuai dengan ornamen yang digunakan di tepinya yang menonjol dengan berani pada kisi-kisi padat di latar belakangnya. Terkadang kisi-kisi dalam satu ornamen yang sama dapat memiliki pola yang berbeda, menggabungkan teknik coupling dan twin. Itulah salah satu fitur ekspresif dari renda Yelets. Kisi-kisi berenda Yelets juga khas untuk motif kepingan salju dan dekorasi es beku yang juga sering dikaitkan dengan renda putih dari pusat pembuatan renda lainnya di Rusia.


Sumber

Russia-IC: Yelets Laces 

 Sumber gambar 1: Instagram post by Ulyana Sergeenko Couture


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]