Nasib Seorang Manusia (Film)


Film hitam-putih ini diangkat dari novela karya Mikhail Sholokhov yang berjudul Nasib Seorang Manusia (dalam bahasa Rusia: "Судьба человека"), diterbitkan pertama kali pada tahun 1956-1957 di koran "Pravda". Sergey Bondarchuk, sutradara Soviet terkenal saat pertama kali membaca kisah ini langsung mendapatkan ilham untuk mengangkatnya ke layar lebar.

Film ini berkisah tentang nasib seorang tentara Soviet bernama Andrey Sokolov yang mengalami pengalaman pahit dalam hidupnya selama Perang Dunia II. Ia harus meninggalkan rumah dan anak-istrinya. Dalam pertempuran, ia tertangkap dan menjalani kerja paksa di kamp-kamp tahanan Jerman. Cobaan demi cobaan terus berlanjut, namun ia tetap menjalani kehidupannya sebagai seorang pria sejati, menjaga sisi kemanusiaannya untuk tetap bisa mencinta...


Fakta Menarik
Selama setahun pembuatan film ini, para kru bepergian ke berbagai tempat. Beberapa episode diambil di sekitar Sungai Don, tak jauh dari desa Veshenskaya, tempat kelahiran Sholokhov, misalnya adegan saat Sokolov bertemu dengan Vanyechka. Episode untuk kehidupan kamp konsentrasi Jerman diambil di wilayah pertambangan di Rostov. Episode saat tahanan tiba di stasiun diambil di wilayah Kaliningrad. Adapun pertempuran psikologis antara Sokolov dan Muller diambil di paviliun Mosfilm di Moskwa.

Film ini dirilis pada 1959 dan mendapat sambutan yang besar dari banyak pihak. Di tahun pertama kemunculannya, film ini telah ditonton oleh hampir 40 juta orang.

Judul: Nasib Seorang Manusia (Судьба человека)
Tahun: 1959
Negara: Uni Soviet
Genre: Perang
Durasi 97 menit
Pemeran: Sergey Bondarchuk, Pavel Volkov, Pavel Boriskin, Zinaida Kiriyenko, Konstantin Alekseyev, Pavel Vinnikov, Yevgeny Teterin, Anatoliy Chemodurov, Lev Borisov, Yuriy Averin.
Sutradara: Sergey Bondarchuk
Distributor: Mosfilm










Sumber:

Sumber Gambar:
Gambar 2
Gambar 2
Poster

0 Komentar:

Posting Komentar