Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 

Pandemi Covid-19 mengubah banyak aspek dalam kehidupan manusia saat ini. Salah satu dampak yang terbesar adalah berubahnya mata pencaharian akibat adanya pembatasan-pembatasan untuk pekerjaan tertentu. Hal ini juga terjadi di Rusia, sehingga banyak orang yang mulai mencari pendapatan sampingan. Berdasarkan survey dan studi oleh Boosty.to dan ResearchMe pada musim gugur tahun 2020 terhadap 8 ribu responden, didapatkan data bahwa minat pada kegiatan kreatif dan hobi kini telah menjadi sumber pendapatan sampingan bagi 60% penduduk Rusia. Pekerjaan sampingan yang paling banyak diminati adalah di bidang penulisan dan penyuntingan naskah, fotografi serta penyuntingan video. Tercatat lebih dari sepertiga responden menyatakan bahwa penghasilan mereka meningkat dari sebelumnya. Berdasarkan penelitian tersebut, dilaporkan bahwa hampir separuh warga Rusia (47%) mendapatkan sumber penghasilan tambahan melalui kegiatan kreatif, di mana yang mana seperempat dari mereka memulai pekerjaan dari hobinya itu di masa pandemi.


Berdasarkan laporan dari Gazeta.ru, kecenderungan minat masyarakat Rusia pada hobi-hobi tertentu dipengaruhi juga oleh jenis kelamin seseorang. Para wanita umumnya lebih banyak menaruh minat kreatifnya di bidang pembuatan perhiasan dan aksesori, serta pembuatan pakaian. Adapun para pria menaruh minat kreatif mereka di bidang pembuatan video, lagu, serta permainan komputer. Sebagian besar responden mengahui bahwa awalnya mereka tidak melakukan hobi mereka demi uang, sebab mereka melakukan hal-hal tersebut untuk tujuan mencari kesenangan dan sebagai sarana aktualisasi diri. Hobi juga dapat membuat mereka mengembangkan diri menjadi lebih kreatif serta untuk mengurangi stress selama pandemi. Namun pada akhirnya mereka menjadikan hobi-hobi yang dilakukannya menjadi sumber pendapatan tambahan.

 

Hobi tak hanya dapat memberikan penghasilan tambahaan bagi penduduk Rusia, tapi juga menjadi alasan untuk menghabiskan uangnya. Penelitian yang dilakukan perusahaan asuransi Rosgosstrakh Zhizn’ dan Rosgosstrakh pada tahun 2021 menunjukkan bahwa 44% penduduk Rusia kini menjadi lebih banyak menghabiskan uangnya untuk hobi mereka selama masa pandemi. Umumnya mereka menghabiskan uang mereka untuk hobi mereka di bidang olahraga, berkebun, sulaman dan rajutan, pariwisata, masak, seni rupa, dan memancing.

 

 

Sumber:

Газета.ру: Россияне превратили хобби в работу
Известия: Четверть россиян стала зарабатывать творчеством в пандемию
RT на русском: Опрос: более 44% россиян увеличили траты на хобби в период пандемии


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]