Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 ilustrasi: fil.un.ru

Apa sih yang harus dilakukan pertama kali saat kita mempelajari suatu bahasa asing? Sebenarnya ada banyak cara atau metode yang bisa diikuti, tapi belum tentu setiap metode tersebut cocok atau memberikan hasil yang diharapkan. Namun dengan adanya tulisan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk kawan-kawan yang kebingungan untuk memulai belajar bahasa Rusia atau mungkin bingung untuk melangkah ke tahapan selanjutnya ketika sedang mempelajari bahasa Rusia.

1. Kenali Cara Belajar Kita!
Audio. Sebagian orang belajar cepat ketika mempelajari bahasa dengan metode pendengaran. Semakin sering mendengarkan materi yang dipelajari, maka akan semakin meresap ke dalam ingatan. Mereka yang nyaman dengan metode ini biasanya mengulang-ulang kata atau kalimat yang sudah dipelajari dan didengar sebelumnya. Akan lebih baik jika dipadukan dengan metode menulis ulang kata, kalimat atau teks. Metode repetisi biasanya dilakukan sambil menyimak podcast, lagu Rusia atau media audio lainnya.

Visual. Pemelajar dengan metode visual lebih suka membaca dan mengulang bacaannya berkali-kali. Jika menemukan kata-kata yang sulit, disarankan mengulang dengan membacanya minimal 28 kali sehari, maka dalam beberapa hari ke depan kata tersebut sudah masuk ke ingatan bawah sadar kita. Hal ini berlaku juga dalam mempelajari materi yang lebih kompleks, seperti mengingat ungkapan, peribahasa sampai puisi bahasa Rusia.

Kinestetik. Metode kinestetik biasanya dilakukan oleh mereka yang tidak bisa belajar dengan cara pasif (fokus pada audio atau visual saja). Mereka perlu melakukan sesuatu yang melibatkan anggota tubuhnya untuk bisa menyerap materi pelajaran, seperti dengan membaca sambil menuliskan apa yang dibacanya, membaca kata atau kalimat dengan suara lantang atau juga dengan menyimak kata, kalimat atau teks yang dibacakan secara lantang oleh orang lain.

Ketiga metode ini bisa dilakukan salah satu saja atau bisa juga dipadukan satu sama lain. Yang terpenting, mari kenali dahulu cara belajar kita! :)

2. Mempelajari Aturan Pelafalan Alfabet Rusia

Pelafalan bahasa Rusia gampang-gampang susah. Meski memiliki aturan pelafalan yang jelas, namun bagi pemula, pasti akan sulit membedakan mana huruf "O" yang dibaca /o/ dan kapan dibaca seperti /a/, bagaimana bunyi myagkiy znak (tanda pelunak) "ь" dan tvyordiy znak (tanda penegas) "ъ", mengapa bunyi huruf "Д" dibaca seperti /dj/ pada kata "дети", tapi dibaca seperti /t/ pada kata "род". Dengan memahami aturan pelafalan, maka akan membuat pelafalan kita terdengar lebih mirip seperti pelafalan orang Rusia asli.
 
3. Mempelajari Tata Bahasa Rusia
Tahapan ini mungkin yang paling sulit, tapi sekaligus paling menarik. Pada umumnya pemelajar yang kurang semangat akan menyerah di tahapan ini karena menganggap tata bahasa Rusia terlalu sulit untuk dikuasai, lalu berhenti belajar. Cara mempelajari tata bahasa tak cukup mempelajari strukturnya saja karena hal itu pasti akan membosankan dan membingungkan. Perlu mempelajarinya sambil memahami konteks dan penggunaannya dalam percakapan atau kondisi lainnya. Dengan begitu, apa yang kita pelajari dari struktur bahasa dapat langsung dipraktikkan.

4. Menghapal Kata dan Frasa
Usahakan untuk menghapal 30 kata atau frasa setiap harinya. Maka dalam waktu 3 bulan, kosa kota yang kita ketahui sudah cukup untuk bisa aktif berbicara dalam bahasa Rusia. Menghapal kosa kata dan frasa bisa dilakukan dengan banyak cara yang menarik, di antaranya dengan menggunakan aplikasi penunjang belajar bahasa, seperti Memrise dan Duolingo.

5. Latihan Membaca dan Menulis
Selalu latih kemampuan yang kita miliki dengan terus membaca, entah itu karya sastra, berita di internet atau bahkan komik dan anekdot agar kita terlatih untuk menguasai berbagai ragam bahasa. Berlatih menulis juga akan melatih kreativitas kita. Tulis apapun yang ada di dalam pikiran kita, apa yang kita lihat, kita baca dan kita dengar, atau buat diari dengan menuliskannya dalam bahasa Rusia. Hal ini akan mendorong kita untuk mencari kosa kata baru yang belum kita ketahui untuk mengekspresikan apa yang kita inginkan.

6. Praktik Berbahasa
Selain latihan membaca dan menulis, kita juga bisa terus melatih dan mempraktikkan kemampuan berbahasa kita dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya:
- Menyimak dan memahami cerita Rusia dari buku audio (аудиокниги)
- Menonton siaran TV dan film Rusia tanpa subtitle
- Mendengarkan lagu Rusia di tengah kesibukan lainnya
- Membaca buku bahasa Rusia, mulai dari teks yang sederhana hingga yang sulit, dari buku anak-anak hingga majalah dan koran. Gunakan kamus dan penerjemah online sebagai alat bantu. Gunakan juga kamus bergambar untuk memudahkan mengingat kosa kata.
- Pelajari ungkapan dan peribahasa, bahkan gaya bahasa slang!
- Cari rekan atau komunitas yang memiliki visi yang sama dalam belajar bahasa. Berlatihlah dengan mereka dan jangan malu bertanya jika muncul pertanyaan yang membingungkan.
- Cobalah untuk berpikir dalam bahasa Rusia, bahkan kalau bisa sampai bermimpi dengan bahasa Rusia!
- Mulai berbicara dengan penutur asli. Jangan malu! Jika tidak pernah mencoba berbicara dengan penutur asli, maka kemampuan kita tidak akan pernah sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk berbicara dengan penutur asli, saat ini tak perlu tatap muka di dunia nyata. Dengan adanya internet, kita akan mudah menemukan teman Rusia. Misalnya dengan situs pertemanan seperti Interpals, aplikasi untuk latihan berbahasa seperti HelloTalk, bahkan game online!–Meski tentunya penggunaan bahasa Rusia di game akan lebih banyak menggunakan ragam bahasa slangnya, hehe. Orang Rusia memang dikenal dengan karakternya yang dingin dan tidak suka tersenyum. Tapi jika kita bersikap ramah dan sopan kepada mereka, mereka pun akan ramah kepada kita. Perlu diingat juga, keramahan kita juga mesti diseimbangkan dengan tempo perkenalan dengan mereka, karena orang Rusia pada umumnya sangat menjaga jarak dengan orang yang tidak dikenalnya. Jika kita langsung "sok kenal sok dekat" dengan mereka di awal perkenalan, jangan harap akan mendapat respon yang baik dari mereka. Memulai perkenalan dengan membicarakan hobi adalah awal yang baik, terlebih lagi jika hobi kamu ada kaitannya dengan Rusia. Misalnya kamu sudah pernah membaca karya-karya sastra Rusia, mendengarkan lagu-lagu Rusia, menonton film Rusia. Mereka umumnya akan langsung antusias ketika tahu produk budayanya ternyata dikenali oleh kita.

Jika kawan-kawan memiliki cara lain selain yang telah disebutkan di atas, silakan berbagi pengalamannya dengan menuliskannya di kotak komentar di bawah! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]