Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Dalam mempelajari bahasa asing, termasuk bahasa Rusia, selalu ada empat aspek dasar yang harus kita latih untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, yaitu membaca, menulis, berbicara dan menyimak.

MEMBACA. Banyak baca membantu kita melatih penguasaan kosakata dan frasa, baik yang sudah dipelajari sebelumnya maupun yang baru. Mengulang apa yang sudah dipelajari memperkuat memperkuat ingatan kita. Mempelajari kosakata baru membantu menambah pengetahuan dan kemampuan kita dalam berbahasa.

Bagaimana belajar bahasa Rusia melalui bacaan? Kita bisa membuat selembar catatan setiap membaca teks atau buku. Tulis setiap kata baru dan pelajari artinya dengan kamus. Jadikan lembar catatan itu sebagai penanda buku, sehingga kamu bisa mudah menengok kembali catatan tersebut kapan pun.

Bagaimana memilih teks untuk berlatih membaca? Tentu teks yang kamu pakai harus disesuaikan dengan tingkatan kemampuan berbahasa kamu. Teks-teks asli seperti artikel berita, majalah, atau karya sastra yang belum diadaptasi akan dirasa sulit bagi pemula, karena memuat banyak kata yang sulit, idiom, majas dan peribahasa. Dalam memilah bacaan, kamu bisa mencari kategori yang sesuai, atau jika ragu, kamu bisa berkonsultasi dengan pembimbing belajar kamu.

MENULIS. Kesulitan latihan menulis ada pada penyusunan konstruksi kalimat, pemilihan bentuk dan aspek kata kerja, serta aspek tata bahasa lainnya.

Bagaimana cara efektif saat berlatih menulis? Kamu bisa membuat catatan harian tentang kehidupan sehari-hari kamu. Akan lebih baik jika kamu punya sahabat pena dari Rusia. Kamu bisa berbagi kabar dengannya melalui komunikasi tulisan lewat e-mail atau chat. Kunci dalam latihan menulis: jangan berhenti menulis dan jangan takut melakukan kesalahan!

BERBICARA. Seringkali saat kita sudah merasa lancar menulis dan memahami teks, serta menyimak dialog dalam film, tapi masih merasa sulit ketika harus berbicara langsung dengan penutur asli. Inilah sebabnya aspek berbicara sering dianggap yang paling sulit dibanding aspek kemahiran bahasa lainnya.

Bagaimana cara melatih berbicara jika tidak ada lawan bicaranya? Internet adalah kuncinya. Kita bisa mencari teman di forum-forum bahasa Rusia. Yang terpenting sopan saat memulai pembicaraan dan selalu menjaga etika berbicara.

Tapi, bagaimana jika masalahnya adalah ketidakpercayaan diri? Biasanya ini pertanyaan dari mereka yang introvert. Jangankan berbicara bahasa Rusia dengan penutur Rusia, untuk berbicara dalam bahasa Indonesia dengan orang Indonesia pun beratnya luar biasa! :P Lalu, bagaimana dong solusinya? Kamu tetao bisa berlatih berbicara dengan diri sendiri, di depan cermin misalnya. Sebelum memulai hari, ceritakanlah kepada diri kamu sendiri apa yang kamu ingin lakukan hari itu. Catat setiap kegiatan kamu, lalu sebelum tidur ceritakan kembali apa yang telah kamu lakukan hari itu.

Namun tetap harus diingat, bahwa efisiensi latihan berbicara dengan orang lain itu tetap yang terbaik. Selain dapat menghilangkan kendala bahasa, kamu juga bisa mempelajari kosakata baru yang kamu dengar dari lawan bicara.

MENYIMAK. Untuk dapat memahami tuturan, kamu harus terus berlatih menyimak. Di Youtube kamu bisa temukan beragam buku audio, film dengan teks atau lagu yang disertai lirik dalam bahasa Rusia. Kita bisa mengunduhnya untuk diputar berulang-ulang nanti. Meski sepele, tapi kita harus konsisten melakukannya.

Sebelum berlatih simakan, ada baiknya kita mempelajari dahulu teksnya. Menyimak adalah latihan paling luwes yang bisa kita dilakukan, karena kita bisa mendengarkan suatu media simakan sambil melakukan kegiatan sehari-hari, misalnya mendengarkan musik atau buku audio sambil membersihkan kamar, memasak atau mencuci piring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]