Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Di Indonesia saat ini sedang musim hujan. Lalu bagaimana dengan Rusia? Di Rusia tidak ada yang namanya musim hujan, tapi dikenal 4 musim dalam setahun: musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur. Musim dingin di Rusia terlalu dingin untuk hujan, karenanya bukan air yang jatuh, melainkan salju. Adapun di musim-musim lainnya terdapat beragam jenis hujan. Kita akan cari tahu lebih jauh nanti.

 

Грибной дождь atau hujan jamur (tenang, yang turun tetap air, bukan jamur, hehe), merupakan hujan kecil yang jatuh dari awan rendah saat matahari sedang bersinar, sehingga hampir tak terlihat. Di saat cuaca sedang hangat, akan muncul banyak jamur sehabis hujan jamur ini. Itulah sebabnya hujan ini disebut hujan "jamur".


 

Слепой дождь atau "hujan buta", turun saat matahari bersinar. Terkadang orang bercanda kepada hujan ini tatkala turun tiba-tiba: «Ты что, слепой? Зачем ты начался? Не видишь, что солнце светит?»(Apakah kamu buta? Kenapa harus turun hujan? Apakah kamu tidak lihat kalau matahari sedang bersinar?). Di Rusia juga orang sering bercanda dan mengatakan Царевна плачет (Sang puteri sedang menangis). Setelah hujan buta selesai, maka biasanya akan muncul pelangi.


 

Ливень atau hujan deras bercurah tinggi. Hujan ini juga dijuluki «дождь, как из ведра» atau 'hujan yang tumpah dari ember'. Jika hujan ini turun terlalu lama tentunya bisa menyebabkan banjir.


 

Купальный дождь atau hujan mandi, selain itu hujan ini dijuluki juga sebagai "hujan basah kuyup". Mirip dengan hujan deras, tapi hujan ini biasanya ada saat musim panas. Hujan mandi turun hanya sebentar. Setelah itu awan mendung akan menghilang dan langit menjadi cerah. Tapi setelah itu ia akan turun lagi dengan cepat dan bisa mengejutkan siapapun yang sedang berada di jalan. Jika terkena "jebakan" hujan ini, maka akan mengalami «промокнуть до нитки» alias "basah sampai ke setiap helainya", seluruh pakaian basah kuyup jadinya. Di musim panas, biasanya setelah turun hujan mandi, selang beberapa menit akan ada hujan mandi lainnya, dan begitulah seterusnya. Akibatnya, siapa yang saat itu sedang berada di jalan harus rela "mandi" beberapa kali.



Полосовой дождь atau hujan garis, yakni hujan gerimis di musim panas yang turun seakan-akan berbentuk seperti garis tertentu. Ini menarik, karena bisa membuat sebelah sisi jalanan basah, sedang di sisi lainnya kering.


 

Моросящий дождь atau hujan gerimis, hujan dari tetesan-tetesan air kecil yang jatuh secara merata ke tanah. Hujan ini merupakan hujan yang khas untuk musim gugur. Hujan ini bisa membuat orang mengantuk dan ingin tidur, tapi bagi sebagian orang, hujan ini bisa membuatnya merasa sedih.


 

Затяжной дождь atau hujan berkepanjangan, hanya terjadi di musim gugur. Hujan ini tidak deras, tapi turunnya sangat lama, bahkan berhari-hari. Waktu turun hujan berkepanjangan ini bisa membuat orang depresi, tapi bagi sebagian orang lainnya malah sebaliknya, hujan ini malah membangkitkan gelombang inspirasi.

 

 

Jenis-jenis hujan apa lagi yang pernah kamu ketahui?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]