Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Privyet, kawan-kawan! Masih ingat dengan Baba Yaga dalam dongeng Rusia? Di tulisan kali ini kita akan mengenal tokoh-tokoh yang mungkin lebih seram dari Baba Yaga. Mari kita simak tokoh-tokoh seram dari tradisi lisan Rusia berikut ini.


Viy / Вий
Tokoh Viy aslinya berasal dari cerita rakyat Ukraina. Tokoh ini dikisahkan juga dalam novel karya Nikolay Gogol berjudul "Viy". Tatapan Viy yang menyeramkan bisa membunuh, tapi mata Viy selalu tertutup. Mengapa demikian? Kelopak dan bulu mata Viy sangat besar dan berat. Itulah sebabnya mata Viy hanya terbuka jika dibukakan oleh para pembantunya.




Zmey Gorynych / Змей Горыныч
Bisa dibilang bahwa tokoh Zmey Gorynych merupakan naga yang khas dan sering muncul dalam cerita rakyat Rusia. Ia digambarkan memiliki kepala lebih dari satu, terkadang diceritakan bahwa ia memiliki tiga, lima hingga tujuh kepala. Ia bernapas dengan api dan suka menculik gadis cantik. Dalam bylina (puisi epik lisan tradisional Rusia) berjudul "Tentang Dobrynya Nikitich dan Zmey Gorynych", bogatyr (sebutan tokoh pahlawan dalam bylina) Dobrynya Nikitich bertarung melawan Zmey Gorynych yang jahat, bisa dilihat di sini. Hanya saja... kalau dalam kartun... sebenarnya... Ups, tidak mau ada spoiler ah ^~^


 


Koshchey Bessmertny / Кощей Бессмертный
Koshchey Bessmertny dikenal sebagai tsar sekaligus penyihir yang jahat. Ia juga suka menculik wanita cantik. Tubuhnya kurus, seperti kerangka tengkorak. Karena itu ia dijuluki «Кощей», dari kata «кость» yang berarti 'tulang'. Adapun sebutan "bessmertny" yang berarti 'abadi' muncul karena sangat tidak mudah bagi siapapun untuk bisa membunuhnya. Koshchey menyembunyikan "kematiannya" dalam benda-benda ajaib. Karena itu tokoh pahlawan dalam dongeng yang ingin membunuh Koshchey, harus bisa mencari benda-benda tersebut terlebih dahulu dan menghancurkannya. Dengan demikian Koshchey tidak akan lagi abadi dan bisa dikalahkan. (Sssttt, apakah di antara pembaca ada penggemar Harry Potter juga? Apakah tokoh ini mengingatkan pada seseorang?)




Kikimora / Кикимора
Kikimora adalah makhluk kecil berhidung panjang, bermata besar, bertanduk, berkaki dan bertangan ramping. Ia memiliki sayap dan tubuhnya berambut. Kikimora bisa singgah di rumah manusia dan menyebabkan masalah-masalah bagi penghuninya. Ia bisa membuat suasana gaduh, berlari-lari di rumah, merusak barang-barang, mengetuk-ngetuk pintu, mengganggu orang tidur sampai menakut-nakutinya. Ia bahkan bisa memotong rambut manusia saat manusia itu sedang tidur.



Leshiy / Леший
Leshiy adalah roh dan penguasa hutan. Ia bisa mengubah wujudnya menjadi manusia, hewan atau tumbuhan. Ia bisa menolong orang yang sedang berada di hutan, tapi bisa juga mencelakainya jika orang tersebut tidak menghormati hutan. Selain itu, dia dikenal suka bercanda dan membuat seseorang tersesat di hutan. Di beberapa dongeng dikisahkan bahwa Leshiy juga mempunyai istri dan anak.




Rusalka / Русалкa
Saat membicarakan tentang Rusalka, sebagian orang menganggapnya sama sebagai sosok mermaid, yakni wanita cantik tak berkaki, memiliki ekor ikan dan hidup di laut. Dalam budaya Rusia, Rusalka memiliki banyak perbedaan dengan mermaid. Pertama, Rusalka memiliki kaki layaknya manusia. Mereka sangat suka berlari dan menari khorovod (tarian tradisional Rusia yang membentuk lingkaran). Sekilas, mereka tampak menyenangkan. Kedua, mereka bisa ditemukan tak hanya di perairan, tapi juga di hutan. Rusalka digambarkan suka duduk di atas pohon. Bahkan Puskin dalam salah satu puisinya «У лукоморья…» (Di Tepi Lukomorye...) menulis "Русалка на ветвях сидит", yang berarti 'Rusalka duduk di atas dahan'. Ketiga, meski Rusalka tampak menyenangkan, bukan berarti mereka itu roh baik. Seperti juga mermaid di dongeng-dongeng Eropa, Rusalka juga bisa menenggelamkan orang ke dalam air. Dan barangkali menenggelamkan orang masih belum "menyenangkan" bagi mereka, karena mereka juga bisa menggelitik seseorang hingga mati.


 

 

Tokoh dongeng Rusia yang mana yang paling seram menurut kalian? Adakah yang mirip dengan hantu dari folklor Indonesia? Tokoh mana yang bisa membuat kamu ketakutan jika bertemu dengannya di malam hari? 👻


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]